PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTKP PADA MATERI PROSEDUR PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DI SMKN 2 KEDIRI

  • ARSHIELLA ALFA ALFIN RACHMASAGITA
  • TRIESNINDA PAHLEVI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tehadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP SMKN 2 Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini menggunakan kelas XI OTKP 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI OTKP 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda guna mengukur kemampuan kognitif siswa kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan uji independent sample test, uji-t, uji gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan oleh perolehan uji-t dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP SMKN 2 Kediri dan kelas eksperimen memiliki nilai hasil belajar lebih tinggi dari kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,43 dan kelas kontrol sebesar 72,86.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of applying the cooperative learning model of the jigsaw type to the learning outcomes of the XI OTKP students of SMK 2 Kediri. The type of research used is a quasi-experimental with nonequivalent control group design. The subjects in this study used the XI OTKP 1 class as the control class and the XI OTKP 2 class as the experimental class. The research instrument used was a multiple choice test to measure students cognitive abilities and the data obtained were analyzed using the independent sample test, t-test, gain score test. The results showed that the jigsaw cooperative learning model had a significant effect on student learning outcomes as evidenced by the acquisition of the t-test with a significance level of 0.000 <0.05. So it was concluded that the jigsaw cooperative learning model had an influence on the learning outcomes of class XI OTKP students of SMK 2 Kediri and the experimental class had higher learning outcomes than the control class with conventional learning models as evidenced by the experimental class average value of 81.43 and the control class is 72.86.

x

Keywords: Jigsaw Cooperative Learning Model, Learning Outcomes, Procedure For Preparing Financial

Statements










Published
2019-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 117