Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP 1 di SMKN 1 Pasuruan

  • DIAH AGUSTINA
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran administrasi umum kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1 di SMKN 1 Pasuruan, kelayakan media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran administrasi umum kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 1, dan evaluasi siswa terhadap media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran administrasi umum kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 1 di SMKN 1 Pasuruan. Metode yang digunakan yaitu R&D dengan model pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang memiliki empat tahap diantaranya; pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, namun penelitian pengembangan ini hanya dibatasi pada tahap pengembangan saja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 1 dengan jumlah 20 siswa di SMKN 1 Pasuruan. Instrumen dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi dari ahli media, dan ahli soal serta angket evaluasi siswa. Hasil dari pengembangan media pembelajaran monopoli pada telah dikembangkan peneliti mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP 1 di SMKN 1 Pasuruan, yang memiliki 4 tahap yakni define, design, develop, dan disseminate. Hasil analisis kelayakan media pembelajaran monopoli yang telah dikembangkan peneliti memperoleh nilai sebesar 86,02% dengan kategori sangat layak dari validasi ahli media dan 94,37% dengan kategori sangat sesuai diperoleh dari validasi ahli soal. Sera dari hasil analisis evaluasi siswa terhadap media pembelajaran monopoli yang telah dikembangkan peneliti memperoleh nilai sebesar 90% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Monopoli, Administrasi Umum

Abstract

This development research aims to find out the development of monopoly learning media in general administration subjects in class X Automation and Office Management 1 in SMKN 1 Pasuruan, the feasibility of monopoly learning media in general administration subjects in class X Automation in Office Management 1, and student evaluation of media monopoly learning in general administration subjects class X Office Automation Governance 1 in SMKN 1 Pasuruan. The method used is R&D with a development model that refers to the 4-D development model of Thiagarajan which has four stages including; defining, designing, developing, and distributing, but this research development is only limited to the development stage. The subjects in this study were Grade X students of Office Management Automation 1 with a total of 20 students at SMKN 1 Pasuruan. Instrument and data analysis in this study used validation sheets from media experts, and expert questions and student evaluation questionnaires. The results of the development of monopoly learning media on researchers have been developed describing the process of developing learning media on subjects in General Administration class X OTKP 1 in SMKN 1 Pasuruan, which has 4 stages namely define, design, develop, and disseminate. The results of the feasibility analysis of the monopoly learning media developed by researchers obtained a value of 86.02% with a very feasible category from the validation of media experts and 94.37% with a very appropriate category obtained from the validation of the question experts. The results of the analysis of student evaluations of monopoly learning media that have been developed by researchers obtained a value of 90% with a very good category.

Keywords: Learning Media, Monopoly, General Administration
Published
2019-08-14
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 93