Pengembangan Media Pembelajaran Truth or Dare pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP 1 di SMKN 1 Jombang

  • INDAH NURHAYATI
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Truth or Dare, menganalisis kelayakan media pembelajaran Truth or Dare dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Truth or Dare pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP 1 di SMKN 1 Jombang yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4D yang terdiri 4 tahap yaitu define, design, develop dan disseminate saja. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa dari kelas X OTKP 1 di SMKN 1 Jombang. Media pembelajaran Truth or Dare divalidasi oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan diujicobakan terbatas pada 20 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar validasi materi, media dan respon siswa, sedangkan untuk skala penilaian validasi ahli materi dan ahli media menggunakan skala likert dan respon siswa menggunakan skala guttman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Truth or Dare ini hanya sampai pada tahap develop saja, dikarenakan adanya keterbatasa waktu, tenaga dan biaya peneliti. Hasil persentase dari ahli materi sebesar 94% dengan kategori sangat kuat, hasil persentase ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat kuat, dan hasil persentase respon siswa sebesar 94% dengan kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Truth or Dare layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas X OTKP 1 SMKN 1 Jombang.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Truth or Dare, Administrasi Umum

Abstract

This study aimed to describe the process of developing Truth or Dare learning media, to analyze the feasibility of Truth or Dare learning media and to know the students’ responses to Truth or Dare learning media in the General Administration of X OTKP 1 class at SMKN 1 Jombang that has been developed. This development research uses 4D which consists of four stages define, design, develop and disseminate. However, this study limited the discussion only to the development stage. The research subjects were 20 students from class of X OTKP 1 in SMKN 1 Jombang. Truth or Dare learning media was validated by 2 material experts, 2 media experts and tested only for 20 students. The instrument of material validation sheet, media, and students responses, while for the scale of validation rating material experts and media experts used a likert scale and students responses used the adapted guttman scale. The percentage results from material experts was 94% with very strong category, the percentage of media experts was 89% with very strong category, and the results of the percentage of students’ responses was 94% with very strong category. Thus, it can be concluded that the Truth or Dare learning media was suitable to be used in learning activities in X OTKP 1 class of SMKN 1 Jombang.

Keywords: Development of Learning Media, Truth or Dare, General Administration






Published
2019-08-16
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 162