PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN BINGO PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP 1 DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

  • TIARA AULIA NOVITA SARI
  • DURINDA PUSPASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis permainan bingo pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kepegawaian Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis permainan bingo pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kepegawaian Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang telah dikembangkan dan menganalisis respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis permainan bingo pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kepegawaian Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini yakni penelitian dan pengembangan atau Research and Devolepment (R&D) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yakni tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), serta penyebaran (disseminate). Namun dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) saja, sedangkan tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Uji coba terbatas pada penelitian ini dilakukan dengan responden sebanyak 20 peserta didik Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Instrumen dan analisis data penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data meliputi analisis validasi ahli materi, validasi ahli media, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran berbasis permainan bingo disesuaikan dengan silabus SMKN 2 Buduran Sidoarjo dan dibuat sesuai dengan pendekatan scientific pada kurikulum 2013. Kelayakan media pembelajaran berbasis permainan bingo ditentukan dari hasil validasi para ahli yakni ahli materi sebanyak 90% dengan kriteria interpretasi “sangat kuat” serta ahli media sebanyak 85,56% dengan kriteria interpretasi “sangat kuat”. Dari hasil validasi ahli materi serta ahli media dihitung rata-rata persentasenya sebanyak 87,78% dengan kriteria interpretasi “sangat kuat”. Hasil respon peserta didik melalui uji coba terbatas memperoleh persentase sebanyak 95,16% dengan kriteria interpretasi “sangat kuat”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan bingo sangat layak dan sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kepegawaian Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Bingo, Administrasi Kepegawaian.

Published
2019-09-26
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 129