Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Mata Pelajaran Korespondensi Semester Gasal Kelas X Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran

  • Evi Rifatul Izza
  • TRIESNINDA PAHLEVI

Abstract

Abstrak

Hasil penelitian pengembangan ini yakni Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Semester Gasal. Tujuan adanya penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan proses pengembangan LKPD; 2) menganalisa kelayakan LKPD; 3) mengetahui evaluasi peserta didik kelas X MP di SMKN 2 Buduran terhadap LKPD yang dikembangkan. Model pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini yakni model pengembangan 4-D dari Thiagarajan terdiri 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tahap disseminate tidak dilakukan karena LKPD yang dikembangkan hanya terbatas pada satu semester yaitu semester gasal. Sedangkan untuk pembelajaran berlaku dua semester yaitu semester gasal dan genap. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X Manajemen Perkantoran 2 di SMK Negeri 2 Buduran sebanyak 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam melakukan pengumpulan data meliputi lembar validasi LKPD berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli grafis dan angket evaluasi peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis serta evaluasi peserta didik dengan menggunakan kriteria penilaian berdasarkan skala likert. Hasil penelitian memperlihatkan perolehan komponen kelayakan ahli materi sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”, kelayakan ahli grafis sebesar 92% dengan kategori “Sangat Layak”, dan kelayakan ahli bahasa 74,2% dengan kategori “Layak”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD pada mata pelajaran korespondensi semester gasal kelas X MP 2 di SMKN 2 Buduran sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dan sumber belajar bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran; hasil evaluasi peserta didik yang dilakukan melalui uji coba terbatas diperoleh rata-rata presentase skor sebesar 95,6%, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Korespondensi yang dikembangkan sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X MP 2 SMK Negeri 2 Buduran.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Korespondensi, Model Pengembangan 4D.

Abstract

The result of this research development produce a student worksheets (LKPD) on the subject correspondence first semester of 10 office management class. The purpose of this research are to describe 1) the development process of student worksheet; 2) analyze feasibility of student worksheet, for describe; 3) to know evaluation from students class X MP in SMKN 2 Buduran of student worksheetthat has been developed. The research use R&D (Research & Development), with 4-D development model from Thiagarajan that have four stages are define, design, develop, disseminate. Disseminate stage wasn’t included, because develop a student worksheet is only limited to first semester. While learning apply two semester, that is first semester and second semester. The test subjects in this study were students in Class X Office Management 2 in SMK Negeri 2 Buduran as many as 20 students. The instruments used in collecting data include LKPD validation sheets in the form of material expert validation sheets, linguist validation sheets, graphic expert validation sheets and student evaluation questionnaires. The data analysis technique used is the validation analysis of material experts, linguists and graphic experts as well as student evaluations using assessment criteria based on a Likert scale. The results showed the acquisition of material expert eligibility components by 95% with the category "Very Eligible", the eligibility of graphic experts by 92% with the category "Very Eligible", and the feasibility of linguists 74.2% with the category "Eligible". Thus, it can be concluded that LKPD on odd semester correspondence subjects in class X MP 2 in SMKN 2 Buduran is very suitable to be used as teaching materials and learning resources for students in learning activities; the results of evaluations of students conducted through limited trials obtained an average percentage score of 95.6%, from these results it can be concluded that the Correspondence LKPD developed very well used in the learning process in class X MP 2 SMK Negeri 2 Buduran

Keywords: Student Worksheet, Correspondence, 4D development Model.

Published
2019-10-03
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 104