PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS CAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS JABATAN, TUGAS DAN URAIAN PEKERJAAN KELAS X MP 1 SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

  • MEGA ARUMA NURFITRIANA
  • JAKA NUGRAHA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini guna mengetahui proses pengembangan media pembelajaran permainan monopoli berbasis CAI pada kompetensi dasar menganalisis jabatan, tugas dan uraian pekerjaan kelas X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo, mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media, mengetahui respon siswa dari media pembelajaran yang di kembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Devolepment (R&D). Model pengembangan yang digunakan ialah model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan uji coba terbatas dengan responden sebanyak 20 peserta didik Kelas X MP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan lembar respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi materi, analisis validasi media dan analisis lembar respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran permainan monopoli berbasis CAI yang diolah dengan program Adobe Flash CS6 termasuk dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran diperoleh dari persentase penilaian ahli materi sebesar 90% dengan interpretasi sangat kuat dan ahli media sebesar 82% dengan interpretasi sangat kuat. Sedangkan hasil respon siswa melalui uji coba terbatas didapatkan dari nilai persentase sebesar 88% dengan interpretasi sangat kuat. Dengan demikian, media pembelajaran permainan monopoli berbasis CAI pada kompetensi dasar menganalisis jabatan, tugas dan uraian pekerjaan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Computer Asissted Instruction, Model Pengembangan 4D.

Abstract

The research is aimed to know the process of the development of media learning the game of monopoly -based CAI on a competency basis of analyzing the job position, assignments and job description grade X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo , determine eligibility media learning are developed to be reviewed based on the assessment of the subject matter experts and media experts , knowing the response students towards learning media which was developed .This type of research is research and development or Research and Development (R&D). This is used development of the 4D model by Thiagarajan consisting of several stages of the definition phase (define), design (design), development (develop), and the spread (disseminate). This research was conducted a limited trial with 20 respondents from grade X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo. The research instruments used in this study were material expert validation sheets, media expert validation sheets and student response sheets. Data analysis techniques used were material validation analysis, media validation analysis and student response sheet analysis. The results showed the development of a CAI-based monopoly game learning media that was processed with the Adobe Flash CS6 program included in the category suitable for use as learning media obtained from the percentage of material expert ratings by 90% with very strong interpretation and media experts by 82% with very strong interpretation. While the results of student responses through limited trials obtained a percentage value of 88% with a very strong interpretation . Therefore, the CAI-based monopoly game learning media on basic competence analyzes of job positions, assignments and job descriptions are proper to used in the learning process in grade X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo.

Keywords: Learning Media, Monopoly Game, Computer Asissted Instruction, 4D Development Model.

Published
2019-10-09
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 50