Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas X OTKP Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kantor di SMK Negeri 10 Surabaya
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)?TERHADAP
KREATIFITAS SISWA KELAS X OTKP PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TATA RUANG KANTOR DI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Nama : Yessi Mey Widianti
NIM : 15080314050
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penerapan model pembelajaran ?project based learning (PjBL) terhadap kreatifitas siswa kelas X OTKP pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kantor di SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan ?quasi experimental design dengan bentuk ?non-equivalent control group design?. Populasi penelitian yakni siswa kelas X OTKP SMK Negeri 10 Surabaya dan terambil sampel dua kelas yaitu kelas X OTKP 1 berjumlah 35 siswa dan X OTKP 2 berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian pada ranah kognitif menggunakan lembar pretest-posttest dan pada ranah psikomotorik menggunakan hasil kinerja presentasi pembuatan produk diorama. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain score dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan pada ranah kognitif rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 62% dibanding kelas kontrol sebesar 40%. Pada ranah psikomotorik hasil menunjukkan di kelas eksperimen rata-rata sebesar 92,7 sedangkan di kelas kontrol sebesar 72,07.
Berdasarkan analisis hasil uji-t ?posttest ?diperoleh ?hasil thitung yakni 9,034 taraf signifikansi yakni,000 (0,00) dan ? =5% dengan df= 68, maka t? = 1,995. Berdasarkan analisis hasil uji-ttabel gain score ?diperoleh hasil thitung yakni 4,715 taraf signifikansi yakni,000 (0,00) dan ? =5% dengan df= 68, maka t?tabel = 1,995. Sementara berdasarkan analisis hasil uji-t nilai kreatifitas siswa diperoleh hasil thitung yakni 16,288 taraf signifikansi yakni,000 (0,00) dan ? =5% dengan df= 68, maka t?tabel = 1,995. Berdasarkan
hasil uji-t di atas, maka H?0 ditolak dan H1? diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran project? based learning (PjBL) terhadap kreatifitas siswa kelas X OTKP pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kantor di SMK Negeri 10 Surabaya.
Kata kunci : model pembelajaran ?project based learning (PjBL)?, kreatifitas, administrasi umum
Downloads

