Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana Semester Genap Kelas XII APK di SMKN 1 Bangkalan

  • ENI OKTAVIAWATI
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui: 1) proses pengembangan bahan ajar berupa LKPD berbasis Demonstrasi pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana Semester Genap Kelas XII APK di SMKN 1 Bangkalan; 2) kelayakan LKPD setelah dikembangkan; 3) respon peserta didik terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini penelitian dan pengembangan (R&D). Tujuan dikembangkannya LKPD tersebut agar mempermudah peserta didik dalam memahami materi dan menjadikan peserta didik lebih interaktif dan komunikatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, terdapat empat tahap dalam model pengembangan 4D yaitu meliputi tahap pendefinisian, tahap pengembangan, tahap perancangan, dan tahap penyebaran. Akan tetapi tahap penyebaran tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan kepada 20 peserta didik kelas XII APK 1 di SMKN 1 Bangkalan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli grafik, dan lembar angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah analisis validasi ahli materi, analisis validasi ahli bahasa, analisis validasi ahli grafik, dan analisis respon peserta didik. Hasil penelitian LKPD berbasis demonstrasi menunjukkan: 1) bahan ajar berupa LKPD dikembangkan sesuai dengan Kurikulum 2013; 2) proses validasi dari perhitungan ahli materi menghasilkan nilai persentase sebesar 97,1%, ahli bahasa 94%, dan ahli grafik sebesar 86,6% sehingga total keseluruhan kelayakan LKPD yaitu sebesar 92,5% dengan interpretasi sangat kuat; 3) respon peserta didik memperoleh skor 97,8% dengan interpretasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Demonstrasi layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dengan mengembangkan LKPD yang lebih kreatif sekaligus menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Berbasis Demonstrasi, Model Pengembangan 4D.

Published
2019-10-13
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 68