PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SAINTIFIK MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA UNTUK SISWA KELAS XI OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK KETINTANG SURABAYA

  • NAHDIYAH APRIVILIA FAHMI
  • BRILLIAN ROSY

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototype bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) saintifik mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk kelas XI semester ganjil otomatisasi dan tata kelola perkantoran dan untuk mendapatkan nilai kelayakan dari ahli serta mengetahui bagaimana tanggapan peserta didik mengenai LKPD yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penggembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) akan tetapi penelitian yang dilaksanakan peneliti tidak sampai pada tahap disseminate atau penyebaran, dikarenakan tujuan dari penelitian ini terbatas untuk mendapat prototype produk dan hasil kelayakan produk menurut para ahli. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas XI OTKP 2 di SMK Ketintang Surabaya, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, terdapat 2 macam angket yang digunakan yaitu angket terbuka untuk lembar telaah para ahli dan angket tertutup yang digunakan pada lembar validasi para ahli serta lembar tanggapan peserta didik. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XI OTKP dikembangkan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) akan tetapi tahap yang dilakukan peneliti hanya sampai pada tahap Develop atau pengembangan dikarenakan tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh prototype produk dan hasil kelayakan produk termasuk dalam kategori sangat layak dari segi aspek materi, bahasa dan kegrafikan memperoleh total persentase sebesar 82%. Masing-masing persentase dari ahli materi 84,05% dengan interpretasi kriteria sangat layak, persentase dari ahli bahasa 80% dengan interpretasi layak dan persentase dari ahli kegrafikan 80,68% dengan kategori sangat layak. Hasil tanggapan peserta didik sebesar 93,6% dengan kriteria sangat baik. Sehingga LKPD berbasis saintifik pada Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP memperoleh hasil pengembangan layak dan dapat digunakan oleh peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar OTK Sarana dan Prasarana.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana, Berbasis Saintifik
Published
2019-11-03
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 49