Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP DI SMK Kawung 1 Surabaya

  • JOKO PUJI RAHMANTO
  • BRILLIAN ROSY

Abstract

ABSTRAK

Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP DI SMK Kawung 1 Surabaya

Nama : JOKO PUJI RAHMANTO

NIM : 15080314082

Program Studi : S1 Pendidikan Administrasi

Perkantoran

Jurusan : Pendidikan Ekonomi

Fakultas : Ekonomi

Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd.

Penelitian Pengembangan Lembar Kegiatan Peseta Didik (LKPD) ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana, untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana, serta dapat mengetahui respon peserta didik kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Kawung 1 Surabaya terhadap Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang memiliki empat tahapan yaitu tahap pedefinisian (define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (Disseminate). Penelitian ini dilakukan pada 20 peserta didik kelas XI OTKP 1 di SMK Kawung 1 Surabaya.

Hasil dari validasi menujukkan penilaian validasi kelayakan isi memperoleh presentase sebesar 76%, kelayakan penajian memperoleh presentasi sebesar 60%, penilaian validasi ahli bahasa memberoleh presentase sebesar 76%, penilaian validasi dari ahli grafis sebesar 87% dari hasil rekapitulasi keseluruhan mendapatkan jumlah sebesar 78% dengan interprestasi layak. Uji coba yang telah dilakukan pada peserta didik mendapatkan rata-rata skor sebesar 91%dengan interprestasi sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan LKPD berbasis saintifik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana kelas XI OTKP 1 di SMK Kawung 1 Surabaya dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar.

Kata kunci : Lember Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Pendekatan

Saintifik, Model Pengembangan 4D

Published
2019-11-03
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 426