Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran STAD pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X OTKP 1 Di SMKN 2 Blitar

  • FERA DEVI OKTAVIA
  • DURINDA PUSPASARI

Abstract

Penelitian pengembangan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran STAD pada Mata Pelajaran Korespondensi kelas X OTKP 1 di SMKN 2 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD, menganalisis kelayakan LKPD, dan mengetahui evaluasi peserta didik kelas X OTKP 1 di SMKN 2 Blitar terhadap LKPD yang dikembangkan. Model pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan, Semmel dan Sammel yang berupa empat tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada tahap penyebaran tidak dilakukan karena LKPD yang dikembangkan hanya terbatas pada satu semester yaitu semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini diujicobakan pada 20 peserta didik kelas X OTKP 1 di SMKN 2 Blitar. Instrumen yang digunakan dalam melakukan pengumpulan data meliputi lembar validasi LKPD berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli grafis dan angket evaluasi peserta didik. Teknik analisis data menggunakan ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis serta evaluasi peserta didik dengan menggunakan kriteria penilaian berdasarkan skala likert. Hasil penelitian LKPD berbasis model pembelajaran STAD menunjukkan: 1) bahan ajar berupa LKPD telah dikembangkan sesuai dengan silabus Kurikulum 2013 edisi revisi 2017; 2) validasi menunjukkan bahwa rata-rata skor ahli materi sebesar 85,89%, kelayakan bahasa sebesar 80%, kelayakan grafis sebesar 82,07%. Total keseluruhan kelayakan LKPD sebesar 82,65% dengan kriteria interpretasi sangat kuat dapat dinyatakan layak; 3) Uji coba yang dilakukan pada peserta didik menunjukkan hasil rata-rata skor pengembangan LKPD sebesar 95,63% dengan kriteria interpretasi sangat kuat. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran STAD pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X OTKP 1 di SMKN 2 Blitar dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci: Pengembangan LKPD, STAD, Korespondensi, 4D.

Abtract

The development research resulted in Student Activity Sheet (LKPD) based on the STAD Learning Model in the Correspondence Class X OTKP 1 in SMKN 2 Blitar. The purpose of this study is to describe the process of developing LKPD, analyze the feasibility of LKPD, and determine the evaluation of students in class X OTKP 1 in SMKN 2 Blitar on LKPD developed. The development model used in this research is referring to the 4D development model of Thiagarajan, Semmel and Sammel in the form of four stages of development namely the defining stage, the design stage, the development stage and the disseminate stage. However, the deployment phase was not carried out because the LKPD developed was only limited to one semester, namely the odd semester of the 2019-2020 school year. This research was tested on 20 students of class X OTKP 1 at SMKN 2 Blitar. The instruments used in collecting data include LKPD validation sheets in the form of material expert validation sheets, linguist validation sheets, graphic expert validation sheets and student evaluation questionnaires. Data analysis techniques using material experts, linguists and graphic experts as well as student evaluations using assessment criteria based on a Likert scale. The results of the LKPD research based on the STAD learning model show: 1) teaching materials in the form of LKPD have been developed in accordance with the revised edition of the 2013 curriculum syllabus; 2) validation shows that the average score of material experts is 85.89%, the feasibility of the language is 80%, the graphic worth is 82.07%. The overall total LKPD eligibility of 82.65% with very strong interpretation criteria can be declared feasible; 3) Trials conducted on students show the average results of LKPD development scores of 95.63% with very strong interpretation criteria. This study can be concluded that in the development of Student Activity Sheets (LKPD) Based on the STAD Learning Model in Class X Correspondence Subjects OTKP 1 in SMKN 2 Blitar was declared feasible to be used as teaching material.

Keywords: Development of LKPD, STAD, Correspondence, 4D.
Published
2019-11-05
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 76