PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTKP DI SMKN 10 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP SMKN 10 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi exsperimental design bentuk pretest posttest control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X OTKP 1 (kelas eksperimen) dan X OTKP 2 (kelas kontrol). Instrumen penelitian yang digunakan guna pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pretest – posttest dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan tiga uji yakni, uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji t nilai post-test diperoleh t hitung sebesar 4,400 dengan taraf signifikansi 0,000 dan df sebesar 69 sedangkan t tabel dan taraf kepercayaan 95% (α=0,05) adalah 1,995. Hal tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai t-test < 0,05 yakni 0,000 dan t hitung 4,400 > t tabel 1,995. Sedangkan hasil analisis selisih uji t (gain score) nilai pre-test dan post-test menunjukkan t hitung 3,866 dengan taraf signifikansi 0,000 dan df sebesar 69. Sedangkan t tabel dan taraf kepercayaan 95% (α=0,05) adalah 1,995. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai t-test 0,05 yakni 0,000 dan t hitung 3,866 > t tabel 1,995. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKN 10 Surabaya.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa, Kearsipan.PDF Downloads: 40