PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTKP DI SMKN 10 SURABAYA

  • MUHAMMAD RIZAL ZULKARNAIN
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP SMKN 10 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi exsperimental design bentuk pretest posttest control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X OTKP 1 (kelas eksperimen) dan X OTKP 2 (kelas kontrol). Instrumen penelitian yang digunakan guna pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pretest – posttest dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan tiga uji yakni, uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji t nilai post-test diperoleh t hitung sebesar 4,400 dengan taraf signifikansi 0,000 dan df sebesar 69 sedangkan t tabel dan taraf kepercayaan 95% (α=0,05) adalah 1,995. Hal tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai t-test < 0,05 yakni 0,000 dan t hitung 4,400 > t tabel 1,995. Sedangkan hasil analisis selisih uji t (gain score) nilai pre-test dan post-test menunjukkan t hitung 3,866 dengan taraf signifikansi 0,000 dan df sebesar 69. Sedangkan t tabel dan taraf kepercayaan 95% (α=0,05) adalah 1,995. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai t-test 0,05 yakni 0,000 dan t hitung 3,866 > t tabel 1,995. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKN 10 Surabaya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa, Kearsipan.
Published
2019-11-06
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 40