Pengembangan Buku Ajar Pada Mata Pelajaran Korespondensi Semester Gasal Kelas X Manajemen Perkantoran di SMKN 2 Buduran Sidoarjo

  • JENI IKA WAHYUNI
  • TRIESNINDA PAHLEVI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil pengembangan buku ajar pada mata pelajaran Korespondensi semester gasal kelas X MP sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017 di SMKN 2 Buduran; 2) kelayakan buku ajar pada mata pelajaran Korespondensi semester gasal kelas X Manajemen Perkantoran sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017 di SMKN 2 Buduran; 3) evaluasi peserta didik terhadap pengembangan buku ajar pada mata pelajaran Korespondensi semester gasal kelas X Manajemen Perkantoran sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017 di SMKN 2 Buduran. Model pengembangan yang digunakan ini adalah model 4D dari Thiagarajan (Define-Design-Develop-Desseminate). Tahap penyebaran (Desseminate) yaitu tahap penggunaan buku ajar dan disebarkan kepada pengguna buku ajar. Penelitian ini dilaksanakan kepada 20 peserta didik kelas X Manajemen Perkantoran 1 di SMKN 2 Buduran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli kegrafikan dan lembar evaluasi peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli kegrafikan dan lembar evaluasi peserta didik. Hasil dari pengembangan buku ajar korespondensi semester gasal sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017 terdiri dari 4 macam yang disesuaikan dengan abad 21 yaitu Penguasaan Pendidikan Karakter (PPK) literasi, 4C dan HOTS. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa ahli materi memperoleh 87,5% dengan interpretasi sangat layak, ahli bahasa memperoleh 72% dengan interpretasi layak dan ahli kegrafikan memperoleh 90,6% dengan interpretasi sangat layak. Kemudian hasil dari skor rata-rata keseluruhan validasi tersebut sebesar 83,6% dengan interpretasi sangat layak. Hasil evaluasi peserta didik terhadap buku ajar korespondensi semester gasal kelas X Manajemen Perkantoran mendapatkan hasil yang positif dan baik untuk digunakan sebagai sumber belajar, hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata skor persentase evaluasi peserta didik sebesar 97% dengan interpretasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar korepondensi semester gasal dengan kriteria interpretasi sangat kuat tersebut dinyatakan baik digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci: Pengembangan Buku Ajar, Kurikulum 2013 Revisi 2017, Korespondensi, 4D.

Abstract

This study aims to: 1) find out the results of the development of textbooks in odd semester correspondence subject of class X MP in accordance with the 2013 revised curriculum in 2017 at SMKN 2 Buduran; 2) find out the feasibility of textbooks in odd semester correspondence subjects in class X Office Management according to the 2013 revised curriculum in 2017 at SMKN 2 Buduran; 3) knowing students evaluations of the development of textbooks on odd semester correspondence subjects of class X Office Management in accordance with the 2013 revised curriculum in 2017 at SMKN 2 Buduran. The development model used is the 4D Models model from Thiagarajan (Define-Design-Develop-Desseminate). The dissemination stage, which is the stage of the usage of textbooks and is distributed to textbook users. This research was conducted on 20 students of class X Office Management 1 at SMK 2 Buduran. The Research instruments used in this study were materials expert validation sheets, language expert validation sheets, graphic expert validation sheets and student response sheets. Data analysis techniques used were materials expert validation sheets, language expert validation sheets, graphic expert validation sheets and student response sheets. The results of the development of odd semester correspondence textbooks according to the 2013 revised curriculum in 2017 consist of 4 types adapted to the 21st century namely Strengthening Literacy, 4C and HOTS Character Education (PPK). Validation results from experts showed that material experts got 87.5% with very proper interpretation, linguists got 72% with proper interpretation, and graphic experts got 90.6% with very proper interpretation. Then the results of the overall average score of validation was 83.6% with a very decent interpretation. The results of students responses to the odd semester textbooks in class X Office Management got positive results and are good to be used as a source of learning, this is evidenced by the results of the average percentage of student evaluation scores of 97% with very good interpretation. It can be concluded that the odd semester correspondence textbooks with very strong interpretation criteria are stated to be well used as teaching material.

Keywords: Textbook Development, 2013 Revised Curriculum in 2017, Correspondence, 4D.
Published
2019-11-06
Section
Articles
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 110