Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Role Playing Game pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X MP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo

  • NINDY SASKIA KURNIAWAN
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Abstrak

Pengembangan media pembelajaran berbasis role playing game pada Mata Pelajaran Administrasi Umum ini dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis role playing game pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X MP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, mengetahui kelayakan media, serta mengetahui evaluasi siswa kelas X MP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang berjumlah 20 orang, sedangkan objek penelitian ini yaitu pengembangan media role playing game pada Mata Pelajaran Administrasi Umum. Instrument penelitian ini terdiri dari validasi ahli dan evaluasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penilaian validasi ahli menggunakan skala likert. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada evaluasi siswa menggunakan skala guttman. Proses pengembangan media ini yaitu dilakukan tahap analisis untuk mengetahui kebutuhan sebelum merancang media role playing game, perancangan media menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6, pada pengembangan setelah dilakukan validasi oleh ahli materi serta ahli media, dimana bertujuan untuk menyempurnakan media yang dikembangkan. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 91,5% dengan kriteria interpretasi sangat kuat, hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 84% dengan kriteria interpretasi sangat kuat, dan hasil evaluasi siswa memperoleh persentase sebesar 94% dengan kriteria interpretasi sangat kuat.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Role Playing Game, Administrasi Umum

Abstract

Development of Learning Media Based on Role Playing Game in General Administration Subjects was carried out to find out the Role Playing Game Media Development Process on General Administration Subject Class X MP 1 at SMK 2 Buduran Sidoarjo, to find out the Feasibility of the Media, and to find out the Evaluation of Class X MP 1 Students at the Buduran 2 Sidoarjo Vocational High School that had been developed. This research is a type of development that uses the ADDIE development model consisting of the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects of this study were students of class X MP 1 in SMK 2 Buduran Sidoarjo, amounting to 20 people, while the object of this study was Role Playing Game media in General Administration Subjects. This research instrument is expert validation and student evaluation. Data analysis techniques used in expert validation assesmenr use a Likert scale, while data analysis techniques used in student evaluation use the Guttman scale. The media development process is carried out in the analysis phase to find out the needs before designing a media role playing game, the media design uses Adobe Flash CS6 application, the development is validated by material and media experts, which aims to improve the developed media. The results of material expert validation obtained a percentage of 91,5% with very strong interpretation criteria and media expert validation results obtained a percentage of 84% with very strong interpretation criteria, while the result of student evaluation obtained a percentageof 94% with very strong interpretacion criteria.

Keywords: Development of Media, Role Playing Game, General Administration.



Published
2019-11-20
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 195