PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS X1 APK DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • UCI CHURRIYAH
  • JAKA NUGRAHA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 10 Surabaya, mengetahui kelayakan modul tersebut dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan modul tersebut. Pengembangan modul dilakukan karena belum adanya bahan ajar untuk Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan. Selain itu, 80% peserta didik di SMK Negeri 10 Surabaya sudah memiliki laptop. Hal ini juga menjadi alas an untuk mengembangkan modul multimedia interaktif sehingga pembelajaran berbasis komputer dapat dilakukan. Multimedia interaktif memungkinkan modul dirancang dengan memadukan teks, gambar, audio dan video. Modul dikembangkan untuk pembelajaran dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi literasi digital peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada Model Pengembangan 4-D (Define, Design, Development dan Desseminete). Instrumen penelitian yaitu berupa lembar validasi modul ahli materi, bahasa, dan kegrafikan dan lembar angket respon siswa. Analisis data ini bertujuan untuk mengukur penilaian validasi ahli materi, bahasa, kegrafikan, dan angket respon siswa. Hasil penelitian pada proses pengembangan modul menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Kemudian hasil kelayakan modul diketahui melalui hasil validasi ahli materi dengan persentase sebesar 92% yang memperoleh kategori sangat layak, hasil validasi bahasa dengan persentase sebesar 84% yang memperoleh kategori sangat layak, hasil validasi kegrafikan dengan persentase sebesar 94% yang memperoleh kategori sangat layak. Respon peserta didik didapatkan dari proses uji coba terbatas oleh 20 peserta didik kelas XI APK di SMK Negeri 10 Surabaya dengan mengisi lembar respon siswa dengan persentase sebesar 97% yang memperoleh kategori sangat baik. Sehingga dengan pengembangan modul Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis multimedia interaktif sangat layak digunakan untuk bahan ajar siswa.

Kata Kunci: Pengembangan Modul, Model 4-D, Multimedia Interaktif.

Abstract

This study aims to determine the process of developing the Public Administration and Protocol Subject XI class of Office Administration students at SMK Negeri 10 Surabaya, knowing the modules appropriateness and knowing the students responses after using the module. Module development is done because there is no teaching material for Public Relations and Protocol Subjects. In addition, 80% of students in SMK 10 Surabaya already have laptops. This is also a reason for developing interactive multimedia modules so that computer-based learning can be carried out. Interactive multimedia allows modules to be designed by combining text, images, audio and video. Modules are developed for learning with a scientific approach to improve students digital literacy competencies. This research type Research and Development which refers to the 4-D Development Model (Define, Design, Development and Desseminete). This data analysis aims to measure the assessment of material expert validation, language, graphics, and student response questionnaires. The results of the research on the module development process used a 4-D development model consisting of defining, designing, developing, distributing. The results of the research on the module development process used a 4-D development model consisting of defining, designing, developing, distributing. Then the results of module feasibility are known through the results of material expert validation with a percentage of 92% which obtained a very feasible category, the results of language validation with a percentage of 84% which obtained a very feasible category, the results of graphical validation with a percentage of 94% who obtained a very feasible category. Student responses obtained from the trial process were limited by 20 students of class XI APK in SMK Negeri 10 Surabaya by filling the student response sheet with a percentage of 97% which received a very good category. So that the development of Public Administration and Protocol modules is very feasible to be used for student teaching materials.

Keywords: Development of Module, 4-D Models, Multimedia Interaktif.






Published
2019-11-20
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 84