PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN DALAM MEMBUAT SURAT PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SURAT NIAGA DI SMK WACHID HASYIM 2 SURABAYA

  • WINDA PUTRI SURYA INDRA
  • BRILLIAN ROSY

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada kompetensi dasar menganalisis surat niaga di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya dan melihat apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan dalam membuat surat pada kompetensi dasar menganalisis surat niaga di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi experimental design berbentuk non-equivalent control group design. Peneliti menggunakan purposive sampling dengan mengambil hasil nilai UTS yang hampir memiliki nilai rata-rata sama, sehingga didapat kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol dan X OTKP 3 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji t postest diperoleh hasil nilai thitung (11,623) > ttabel (1,997) dengan sig. sebesar (0,00) < (0,05). Uji t gain score menunjukkan thitung (7,960) > ttabel (1,997) dengan sig. (0,00) < (0,05). Sementara berdasarkan analisis nilai keterampilan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen menghasilkan t-test (0,012) < (0,05) dan thitung (2,590) > ttabel (1,997). Mengacu dari hasil tersebut maka Ha diterima dan H0 ditolak, maka dari itu kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan membuat surat dalam kompetensi dasar membuat surat niaga di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya.

Kata Kunci: Model pembelajaran Think Pair Share, Berpikir Kritis, Keterampilan, Korespondensi, Surat Niaga.

Published
2019-11-20
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 23