PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X OTKP KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TATA RUANG KANTOR DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • Ayu Kemalia Try Derayati
  • BRILLIAN ROSY

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model pemeblajaran mind mapping terhadap hasil belajar kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) kompetensi dasar menerapkan tata ruang kantor di SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini tergolong dalam penelitian eksperimen dan subyek penelitian yaitu siswa kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian yang dilakukan menggunakan soal pilihan ganda sebagai instrumen penelitian guna mengetahui kemampuan siswa yang kemudian dianalisis dengan uji independent sample test, uji t, dan uji gain score sehingga peneliti dapat mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran. Setelah dianalisis oleh peneliti hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran Administrasi Umum, hasil uji parsial menunjukkan taraf signifikansi 0,00 yang memiliki nilai kurang dari 0,05, disertai hasil belajar kelas eksperimen yaitu memiliki rata-rata 81,43. Sedangkan untuk rata-rata kelas kontrol yaitu 73,67, sehingga dapat diartikan terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar kelas X OTKP kompetensi dasar menerapkan tata ruang kantor di SMK Negeri 10 Surabaya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar, Tata Ruang Kantor.

Published
2019-12-10
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 22