PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTKP DI SMKN 2 KEDIRI

  • EMMA SHERLYANA AGUSTIN
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa dan menganalisis pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP pada kompetensi dasar Menerapkan Penggunaan Mesin-mesin Kantor (Office Machine) di SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI OTKP sebanyak 105 siswa. Sampel yang digunakan yakni kelas kontrol (OTKP 2) sebanyak 35 siswa dan kelas eksperimen (OTKP 3) sebanyak 35 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes (pretest-postest), perangkat pembelajaran (silabus dan RPP). Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni: 1) analisis butir soal yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda soal, uji taraf kesukaran; 2) analisis hasil penelitian terdiri dari uji normalitas, uji hipotesis. Berdasarkan analisis hasil uji-t gain score diperoleh hasil thitung yakni 6,227 taraf signifikansi yakni ,000 (0,00) dan α = 5% dengan df = 68, maka ttabel = 1,995. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 dan thitung (6,227) > ttabel (1,995) sehingga disimpulkan menolak H0 dan menerima H1 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP di SMK Negeri 2 Kediri.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar Siswa.
Published
2019-12-18
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 33