PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS SAINTIFIK MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA UNTUK SISWA KELAS XI OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK KETINTANG SURABAYA

  • AJENG ZASKIYA
  • BRILLIAN ROSY

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku ajar, mengetahui kelayakan dari para ahli dan respon peserta didik terhadap buku ajar berbasis saintifik mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana untuk siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Ketintang Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate) akan tetapi penelitian yang dilaksanakan peneliti tidak sampai pada tahap penyebaran karena tujuannya hanya sebatas mengetahui kelayakan dan respon terhadap buku ajar yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas XI OTKP 3 di SMK Ketintang Surabaya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli kegrafikan dan lembar respon peserta didik. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi materi, analisis validasi bahasa, analisis validasi kegrafikan dan analisis lembar respon peserta didik. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana termasuk dalam kategori sangat layak dari segi aspek materi, bahasa dan kegrafikan memperoleh total persentase sebesar 93%. Masing-masing persentase dari ahli materi 84% mendapat interpretasi kriteria sangat layak, persentase dari ahli bahasa 95% dengan interpretasi kriteria sangat layak dan persentase dari ahli kegrafikan 100% dengan interpretasi kriteria sangat layak. Serta hasil respon peserta didik yaitu sebesar 89% mendapat interpretasi kriteria sangat menarik. Sehingga buku ajar berbasis saintifik pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP di SMK Ketintang Surabaya memperoleh hasil pengembangan ini sangat layak dan sangat menarik sehingga dapat digunakan oleh peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana.

Kata Kunci: Buku Ajar, Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana, Berbasis Saintifik.

Published
2019-12-19
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 47