Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kerja/Kantor Kelas X Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran Di SMK Negeri 4 Surabaya

  • INDRIANA DEWI MUSTIKARINI
  • BRILLIAN ROSY

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kerja/kantor di kelas X OTKP SMK Negeri 4 Surabaya pada tahun ajaran 2019/2020. Bentuk penelitian yang digunakan adalah quasy exsperimental design dengan model nonequivalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 70 siswa dari kelas X OTKP 2 dan X OTKP 3. Instrumen dalam penelitian ini berupa penilaian kognitif yang diukur menggunakan pretest dan posttest, penilaian tugas dari penggunan model pembelajaran problem based learning yang berupa tugas individu untuk mengukur hasil belajar pada ranah psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisi butir soal yang berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda dan uji tingkat kesukaran. Kemudian terdapat uji normalitas, uji homogenitas dan uji gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taraf signifikasi sebesar ,034 (0,034) dengan thitung 2,163 dan df sebesar 68, sehingga ttabel diperoleh sebesar 1,995. Dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dikarenakan t-test < 0,05 yaitu 0,034 < 0,05 dan thitung (2,163) > ttabel (1,995). Sehingga terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 4 Surabaya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 45