Pengaruh Portfolio Assessment Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menganalisis Surat Dinas Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya

  • SEPTIA RIZKY WIDYA LESTARI
  • BRILLIAN ROSY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh portfolio assessment terhadap motivasi belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis surat dinas kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh portfolio assessment terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis surat dinas kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK Negeri 10 Surabaya dengan total 108 siswa dan diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu X OTKP 1 berjumlah 36 siswa dan X OTKP 2 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan angket. Instrumen penelitian pada ranah kognitif menggunakan lembar pretest posttest dan untuk melihat motivasi menggunakan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji independent sample test dan uji gain score. Berdasarkan analisis uji t pada nilai post-test siswa diperoleh hasil yaitu nilai thitung sebesar 5,922 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan ttabel diperoleh dengan menggunakan tabel distribusi pada taraf kepercayaan 95% dimana α = 5%, kemudian (df) sebesar 70, maka ttabel (1,994). Kemudian berdasarkan analisis motivasi diperoleh thitung sebesar 3,268 taraf signifikansi sebesar 0,002 dan α = 5% dengan (df) sebesar 70, maka ttabel (1,994). Berdasarkan hasil uji-t di atas, maka H0 ditolak kemudian H1 dan H2 diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh portfolio assessment terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis surat dinas kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya

Kata Kunci: Portfolio Assessment, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 89