PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN METODE PEMBELAJARAN LATIHAN (DRILL) PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SURAT NIAGA DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • FARICHATUN NIMAH
  • BRILLIAN ROSY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran explicit instruction dengan metode pembelajaran latihan (drill) terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis surat niaga di SMK Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 10 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 107 peserta didik dan sampel yang diambil adalah dua kelas yaitu kelas X-OTKP 1 yang berjumlah 35 peserta didik dan kelas X OTKP 2 yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian pada ranah kognitif menggunakan pretest dan posttest. Pada ranah psikomotorik menggunakan hasil tugas penyusunan surat niaga. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain score dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan model pembelajaran explicit instruction dengan metode pembelajaran latihan (drill) terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis surat niaga di SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil anallisis uji t nilai posttest diperoleh nilai thitung sebesar 4,408 dengan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan ttabel sebesar 1,995. Analisis uji-t yang menyatakan bahwa pada ranah kognitif rata-rata nilai di kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 39% dibanding kelas kontrol 26%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Explicit Instruction, Metode Latihan (Drill), Hasil Belajar.
Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 51