EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI KELAS X APK DI SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO

  • MUHAMMAD ARIF
  • JAKA NUGRAHA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, pada mata pelajaran Korespondensi di kelas X APK, serta untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran korespondensi di kelas X APK SMKN 1 Sooko Mojokerto. Dalam penelitian ini termasuk dalam kelompok penelitian eksperimen dan subjek penelitian ini diambil menggunakan random sampling yang terdiri dari siswa kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen dan X APK 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data uji t diketahui bahwa nilai thitung sebesar 5,019. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf signifikan 5% dan df = 62, sehingga diperoleh ttabel = 1,998. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,019>1,988). Beralih pada hasil analisis selisih nilai pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 2,311 dengan taraf signifikansi 0,024. Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,998 dengan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena t-test<0,05 (0,024<0,05) dan thitung>ttabel (2,311>1,998). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar anatara siswa yang menggunakan dengan siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Di mana hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan perpaduan model pembelajaran Teams Games Tournament lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik dari kelas kontrol yang tidak menggunakan perpaduan model pembelajaran Teams Games Tournament.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament.

Abstract

This study aims to determine the differences in learning outcomes of students who use those who do not use the cooperative learning model of the Teams Games Tournament type, in the Correspondence subjects in class X APK, as well as to determine the effectiveness of the cooperative learning model of the Teams Games Tournament type in correspondence subjects in class X APK Vocational School 1 Sooko Mojokerto. This study was included in the experimental research group and the research subjects were taken using random sampling consisting of students of class X APK 1 as the experimental class and X APK 3 as the control class. Based on the results of analysis data t known that Thitung value of 5,019. The result is then consulted on this with a significant level of 5% and df = 62, so it is obtained this = 1,998. This result indicates that Thitung > this (5,019 > 1,988). Switching on the results of analysis difference of pretests and posttest values obtained Thitung value of 2,311 with the equivalent significance of 0,024. While the note value ttable of 1,998 with signficant level 0,05. So it can be concluded that Ho was rejected and Ha received because of t-test < 0,05 (0,00<0,05) and tcount > ttable (2,311 > 1,998). Thus It can be concluded that there are different learning outcomes among students who use students without using the Teams Games Tournament learning model. Where Hasi learns learners in experimental classes using model blends Teams Games Tournament Learning is higher than the student learning outcomes of the control class who do not use a mix of Teams Games Tournament learning models.

Keywords: Learning Model, Teams Games Tournament.




Published
2020-01-16
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 22