Pengembangan Buku Ajar Guru Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Kelas XI Semester Genap Di SMK Negeri 4 Surabaya

  • ROBIANDI ANGGI FANCA
  • SITI SRI WULANDARI

Abstract

Abstrak

Dalam proses pembelajaran guru berlaku sebagai fasilitator yang memanfaatkan bahan ajar sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk bahan ajar adalah buku ajar guru, karena dalam buku ajar guru terdapat materi yang dibutuhkan sesuai dengan silabus yang tersedia. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan buku ajar guru berbasis discovery learning, mengetahui kelayakan buku ajar guru, dan respon guru. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D Models). Subjek dalam penelitian yaitu guru yang mengajar pada jurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 4 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar angket respon guru. Analisis data yang digunakan untuk mengukur penilaian validasi ahli dan respon siswa adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 82,6% dengan kategori sangat kuat, hasil validasi ahli bahasa memperoleh nilai persentase 80% dengan kategori kuat, hasil validasi ahli grafik memperoleh nilai persentase 80% dengan kategori kuat dan respon guru memperoleh hasil sebesar 83% dengan kriteria sangat kuat. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa pengembangan buku ajar guru Humas dan Keprotokolan berbasis discovery learning sangat kuat untuk dijadikan bahan ajar dalam kegiatan belajar dan pembelajaran dengan hasil persentase sebesar 83% sehingga buku ajar guru Humas dan Keprotokolan berbasis discovery learning layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Buku Ajar Guru, Discovery Learning, Humas dan Keprotokolan.

Abstract

The teachers learning process is as a facilitator who utilizes teaching materials as supporters in the learning process. One form of teaching material is teacher teaching book, because in teacher teaching book there is material needed according to available syllabus. The purpose of this research is to develop teacher-based discovery Learning books, know the feasibility of teachers teaching book, and teacher response. This development study was carried out using the 4-D development model (Four-D Models). The subject in the study is a teacher who teaches in office administration majoring in SMK Negeri 4 Surabaya. The research instruments used are a media expert validation sheet, a material expert validation sheet, and a teacher response poll sheet. Data analysis used to measure expert validation assessments and student responses is a Likert scale. The results showed that material expert validation obtained a percentage value of 82,6% with very strong categories, the language expert validation results obtained a 80% percent value with a strong category, the graph expert validation result obtained value Percentage of 80% with strong categories and the teachers response gained a yield of 83% with very strong criteria. While the limited trial results show that the development of teacher teaching Book of PR and the Protocol of Discovery learning based very strong to be used as teaching materials in learning and learning activities with a percentage yield of 83% so Teacher and Discovery Learning-based teaching books are worthy to be used as teaching materials in the learning process.

Keywords: Book Teacher, Discovery Learning, PR and Protocol.






Published
2020-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 19