PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI SMK YPM 3 TAMAN

  • ANISA ZULFA NADYA SABILLA
  • SITI SRI WULANDARI

Abstract

Abstrak

Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran humas dan keprotokolan kelas XI OTKP SMK YPM 3 Taman dan mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran humas dan keprotokolan kelas XI OTKP SMK YPM 3 Taman. Jenis penelitian yang dipakai Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah murid kelas XI OTKP 2 yang dijadikan kelas kontrol dengan jumlah 35 murid, dan murid kelas XI OTKP 3 yang dijadikan kelas eksperimen dengan jumlah 35 murid. Instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar murid. Teknik analisis data yang dipakai antara lain Uji Homogenitas, Uji Normalitas, Uji Gain Score, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan daripada kelas kontrol. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil belajar Pre-Test dan Post-Test, pada kelas eksperimen jumlah murid yang tuntas dalam Pre-Test sebanyak 4 murid dan yang belum tuntas 31 murid. Untuk nilai Post-Test pada kelas eksperimen sebanyak 35 murid semuanya telah tuntas. Sedangkan pada kelas kontrol dapat diketahui banyaknya murid yang tuntas dalam Pre-Test 4 murid dan yang belum tuntas sebanyak 31 murid. Untuk nilai Post-Test sebanyak 28 murid tuntas dan 7 murid belum tuntas. Dari pernyataan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar murid pada kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan hasil belajar murid pada kelas kontrol.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar, Humas dan Keprotokolan.

Published
2020-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 26