Persepsi Siswa terhadap Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X MP 1 di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung

  • MIFTAKUL JANNAH
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X MP 1 di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan ini menggunakan teknik penyebaran angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas X MP 1 dan 2 sumber lainnya sebagai triangulasi sumber yaitu guru manajemen perkantoran, dan bagian kurikulum SMKN 1 Boyolangu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) persepsi peserta didik terhadap model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X MP 1 yaitu dapat berjalan dengan baik dan mendapat persepsi yang positif sesuai dengan apa yang diharapkan oleh SMKN 1 Boyolangu Tulungagung terkusus guru mata pelajaran Administrasi Umum; 2) dapat diketahui juga dari hasil data persentase angket respon siswa menunjukkan hasil positif yang dapat dikategorikan kriteria sangat setuju yaitu dengan interpretasi skor rata-rata 81,6%. Dengan demikian bisa disimpulkan terkait bahwa persepsi siswa dengan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X MP 1 di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dapat dinyatakan diaplikasikan yang bagus sesuai apa yang diharapkan oleh peneliti.

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Model Pembelajaran Talking Stick
Published
2020-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 117