Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbasis Discovery Learning Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Semester 2 Kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Tuban

  • MUHAMMAD FAHMI AL HABIB
  • SITI SRI WULANDARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa Buku Ajar Siswa Berbasis Discovery Learning Mata Pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan Semester 2 Kelas XI OTKP. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar siswa berbasis discovery learning, menganalisis hasil kelayakan buku ajar siswa berbasis discovery learning, dan menganalisis respon siswa terhadap buku ajar siswa berbasis discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas XI OTKP 1 di SMK Negeri 2 Tuban. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli materi, bahasa, grafik, dan respon siswa dengan menggunakan skala penilaian likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, validasi ahli grafik, dan respon siswa. Hasil penelitian pengembangan Buku Ajar Siswa Berbasis Discovery Learning memperoleh persentase kelayakan sebesar 87,3% dengan interpretasi sangat kuat dan hasil uji coba terbatas yang ditujukan kepada 20 siswa terhadap buku ajar siswa berbasis discovery learning memperoleh persentase kelayakan sebesar 82,4% dengan interpretasi sangat kuat. Jadi dapat disimpulkan jika Buku Ajar Siswa Berbasis Discovery Learning Mata Pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan Kelas XI OTKP dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Buku Ajar, Discovery Learning, Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan.

Published
2020-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 98