PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK PGRI 13 SURABAYA

  • RIKA SUSANTI Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Pengembangan bahan ajar interaktif ini untuk mengetahui proses pembuatan dan kelayakan bahan ajar interaktif. Proses pembuatan yang terdiri dari empat tahapan, yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan), dan Dessiminate (Penyebaran). Bahan ajar interaktif hanya terbatas pada tahap pengembangan dikarenakan hanya untuk mendapatkan prototype produk. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 3 di SMK PGRI 13 Surabaya, sedangkan objek pada penelitian ini yakni bahan ajar interaktif. Instrumen penelitian yang digunakan untuk melakukan validasi para ahli dan evaluasi siswa yakni skala likert. Pada tingkat kelayakan bahan ajar interaktif pada mata pelajaran kearsipan sebagai bahan ajar berdasarkan pada penilian validasi: (1) ahli materi diperoleh penilian sebesar 84% , sehingga dengan tingkat kriteria dikatakan “Sangat Layak” , (2) ahli bahasa diperoleh penilaian sebesar 86%, sehingga dengan tingkat kriteria dikatakan “ Sangat Layak”, (3) ahli kegrafikan diperoleh penilaian sebesar 100%, sehingga dengan tingkat kriteria dikatakan “ Sangat Layak”. Evaluasi siswa terhadap bahan ajar interaktif ini pada mata pelajaran keasripan pada saat dilakukan ujicoba dengan rata-rata menunjukkan evaluasi siswa sebesar 98%, sehingga dapat dikatakan bahwa siswa memiliki antusias tinggi pada bahan ajar interaktif. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahan ajar interaktif pada mata pelajaran kearsipan ini sangat layak digunakan untuk mempelajari kompetensi dasar, yakni menerapkan klasifikasi dan indeks arsip, penyimpanan arsip lima sistem dan proses penggunaan arsip. Kata Kunci: Bahan Ajar Interaktif, Kearsipan, 4-D. Abstract Development of this interactive teaching material to find out the process of making and feasibility of interactive teaching materials. The manufacturing process consists of four stages, namely Define, Design, Development, and Dessiminate. Interactive teaching materials are limited to the development stage because only to get a product prototype. Subject in this study were students of class X OTKP 3 in junior high school 13 Surabaya, whilw the object of this study was interactive teaching materials. The research instrument used to validate the experts and evaluate students is the Likert scale. At the feasibility level, interactive teaching materials on archival subjects as teaching materials are based on validation assessment: (1) material experts obtained 91% assessment, so that the criteria level is said to be "Very Eligible", (2) linguists obtained 88% assessment, so that the criteria level is said to be "Very Eligible", (3) the graphic expert is assessed by 100%, so that the criteria level is said to be "Very Eligible". Students evaluation of these interactive teaching materials in the subjects of authenticity at the time of the trial with an average of 96.5% showed student evaluation, so it can be said that students have high enthusiasm for interactive teaching materials. Thus, it can be said that interactive teaching materials in archival subjects are very suitable to be used to study basic competencies, namely applying classification and index of archives, storing archives of five systems and the process of using archives. Keywords: Interactive teaching materials, Archives, 4-D
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 32