STRATEGI HUMAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN SIDOARJO

  • WINDA NUR FITRIATI Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya,

Abstract

Abstrak Peningkatan terhadap mutu pendidikan selaras dengan peningkatan sumber daya manusia(SDM). Keberhasilan sebuah lembaga ditentukan oleh pengelolaan serta strategi yang digunakan. Eksistensi suatu lembaga tidak lepas dari humas yang mampu menjalankan perannya serta penerapan strategi yang baik. Guna meningkakan jumlah pengunjung perpustakaan, humas berperan dalam menentukan strategi yang digunakan. Perpustakaan sendiri merupakan sebuah lembaga yang didirikan guna membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Kabupaten Sidoarjo memiliki prestasi yang cukup baik dalam dunia pendidikan, hal ini dibuktikan dengan terpilihnya sekolah di Kabupaten Sidoarjo menjadi sekolah percontohan sejak pertama kali penunjukkan sekolah percontohan tahun 2016. Namun, keberhasilan didunia pendidikan ini tidak sejalan dengan kunjungan masyarakat ke perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi mengenai strategi humas yang dijalankan dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung pada badan perpustakaan dan kearsipan kabupaten sidoarjo, kelebihan dari strategi yang digunakan serta kelemahannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang ahli dan satu orang sebagai triangulasi. Model miles dan huberman digunakan digunakan sebagai analisis data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika strategi yang digunakan oleh humas perpustakaan ada tiga yang pertama adalah strategi komunikasi dan pembentukan opini publik, kedua strategi strategi operasional dan tanggungjawab sosial dan yang ketiga adalah strategi pendekatan kerjasama dan persuasif. Kelebihan strategi yang dijalankan terletak pada strategi komunikasi dan pelayanan yang maksimal. Kekurangannya terletak pada strategi persuasif yang ada, pendekatan secara persuasif kepada masyarakat kurang begitu diminati meskipun mobil perpustakaan terus digunakan sebagai sarana promosi. Kata Kunci: Strategi, Humas dan Perpustakaan Abstract Improvements to the quality of education are in line with the improvement of human resources (HR). The success of an institution is determined by the management and strategies used. The existence of an independent institution that is able to carry out its role and the application of good strategies. In order to increase the number of library visitors, public relations plays a role in determining the strategy used. The library itself is an institution that was established to help educate the lives of the nation. Sidoarjo Regency has a good achievement in education, this is evidenced by the selection of schools in Sidoarjo Regency to become a example of good school since the first appointment of a example of good school in 2016. However, the success in the education world is not in line with community visits to the library. The purpose of this study was to obtain a description of the public relations strategy implemented in an effort to increase the number of visitors to the library and archival district of Sidoarjo, the advantages of the strategies used and their weaknesses. This type of research is qualitative descriptive. The subjects of this study were two experts and one person as triangulation. Miles and Huberman models are used as data analysis using source triangulation. The results of this study indicate that there are three first strategies used by public relations at the library public relations strategy and the formation of public opinion, both operational strategy strategies and social responsibility and the third is a cooperative and persuasive approach strategy. The strength of the strategy that is implemented lies in the communication strategy and maximum service. The disadvantage lies in the existing persuasive strategy, a persuasive approach to the public is less desirable even though library cars continue to be used as promotional advice. Keywords:Strategy, Public Relations and Library
Section
Articles
Abstract Views: 229
PDF Downloads: 801