PENGARUH TATA RUANG KANTOR DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DPRD KABUPATEN NGANJUK

  • NOVAL IRSYAD AL HABIB Progam Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • BAMBANG SURATMAN Progam Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Keberhasilan dari suatu instansi yaitu ketika para pegawainya dapat menyelesaikan kinerjanya dengan baik dan tepat waktu, kinerja disini sangat dipengaruhi oleh kondisi tata ruang dan lingkungan kerja. Ketika kondisi tata ruang kantor dan lingkungan kerja baik maka pegawai akan bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik begitupun sebaliknya ketika kondisinya tidak baik maka pegawai tidak bisa menyelesaikan kinerjanya dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis Pengaruh tata ruang kantor terhadap kinerja pegawai di kantor DPRD Kabupaten Nganjuk, (2) Untuk menganalisis Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di kantor DPRD Kabupaten Nganjuk, (3) Untuk menganalisis Pengaruh tata ruang kantor dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di kantor DPRD Kabupaten Nganjuk. Teknik analisa data yang digunakan peneliti adalah teknik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digukanan oleh peneliti yaitu sebanyak 65 pegawai dari total populasi sebanyak 77 pegawai. Pada saat teknik pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan (1) Adanya pengaruh antara tata ruang kantor dan lingkungan kerja di Kantor DPRD Kabupaten Nganjuk, (2) terdapat pengaruh antara lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor DPRD Kabupaten Nganjuk, (3) secara bersama-sama tata ruang kantor dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Kantor DPRD Kabupaten Nganjuk. Kata Kunci: tata ruang kantor, lingkungan kerja dan kinerja. Abstract The success of an agency is that when its employees can complete their performance properly and on time, the performance here is greatly influenced by the conditions of the spatial and work environment. When the conditions of office space and work environment are good, employees will be able to finish their work properly and vice versa when conditions are not good, employees cannot complete their performance properly. The purpose of this study were (1) to analyze the effect of office layout on the performance of employees at the Nganjuk District DPRD office, (2) to analyze the influence of the work environment on the performance of employees at the Nganjuk Regency DPRD office, (3) To analyze the influence of office and environmental spatial. Data analysis techniques used by researchers are descriptive techniques with a quantitative approach. Samples used by researchers are 65 employees from a total population of 77 employees. At the time of data collection techniques researchers used questionnaires, observations, and documentation. Based on the research conducted, it can be concluded (1) There is an influence between office layout and work environment at the Nganjuk Regency DPRD Office, (2) there is an influence between the work environment on employee performance at the Nganjuk Regency DPRD Office, (3) office space and work environment affect the performance of employees at the Nganjuk Regency DPRD Office. Keywords: Office layout, Work environment, and performan
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 967