PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CMS JOOMLA PADA KOMPETENSI DASAR TATA NASKAH SURAT MENYURAT BAHASA INGGRIS KELAS X OTKP 1 DI SMKN 2 KEDIRI

  • Erick Wildannu Saputra Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis CMS Joomla ini untuk mendeskripsikan bahan ajar interaktif berbasis CMS Joomla pada siswa kelas X OTKP 1 di SMKN 2 Kediri, mengetahui Kelayakan Modul, dan mengetahui respon siswa Kelas X OTKP 1 terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikembangkan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisan perancangan pengembangan dan penyebaran Tetapi dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap pengembangan saja karena bahan ajar hanya terbatas pada satu kompetensi dasar saja. Instrument penelitian ini adalah validasi ahli, dan respon siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan skala likert. Bahan ajar yang dikembangan merupakan bahan ajar yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan sarana prasarana di sekolah. Pada bahan ajar yang dikembangkan terdapat halaman forum diskusi, soal tes, dan materi, bahan ajar dapat digunakan dengan komputer atau smartphone tanpa spesifikasi khusus yang terhubung jaringan internet. Hasil validasi ahli materi sebesar 86,25% dengan kriteria sangat kuat, validasi ahli bahasa sebesar 89,3% dengan kriteria sangat kuat, dan hasil validasi media sebesar 93,3% dengan kriteria sangat kuat. Hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 88,1% dengan kriteria sangat kuat, sehingga bahan ajar layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar Interaktif, CMS Joomla, Surat Bahasa Inggris Abstract The development of interactive teaching materials based on Joomla CMS is to describe interactive teaching materials based on Joomla CMS on class X OTKP 1 students at SMK 2 Kediri, knowing the Feasibility of Modules, and knowing the responses of Class X OTKP 1 students to teaching materials that have been developed. This research is a development research developed using a 4-D model which consists of the defining stages of design development and dissemination. But in this study the researcher only arrived at the development stage because the teaching material was only limited to one basic competency. Instrument of this research is expert validation, and student response. The data analysis technique of this study uses a Likert scale. Teaching materials developed are teaching materials that take advantage of technological developments and infrastructure in schools. In teaching materials developed there are pages of discussion forums, test questions, and material, teaching materials can be used with computers or smartphones without special specifications that are connected to the internet network. The results of the material expert validation were 86.25% with very strong criteria, language expert validation was 89.3% with very strong criteria, and media validation results were 93.3% with very strong criteria. The results of student responses obtain a percentage of 88.1% with very strong criteria, so that teaching materials are suitable to be used in the learning process. Keywords: Development of Interactive Teaching Materials, Joomla CMS, English Letters
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 39