PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO CARD PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

  • Nurul Amaliyah Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran,Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Durinda Puspasari

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan media manual melalui media pembelajaran UNO Card, Kelayakan media pembelajaran UNO Card, dan Respons siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 2 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo terhadap media pembelajaran UNO Card pada Kompetensi Dasar Mengemukakan Peraturan Cuti dan Mengkaji Peraturan Cuti. Jenis penelitian pengembangan menggunakan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan 4-D. Tahapannya ada 4 yaitu: 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Disseminate (Penyebaran), namun hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Pengembangan. Tetapi pada tahap keempat, yaitu penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan pada satu Kompetensi Dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 2 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang berjumlah 20 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Pengembangan Media Pembelajaran UNO Card Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Kompetensi Dasar Peraturan Cuti. Instrument penelitian pada penelitian ini menggunakan instrument validasi ahli materi, instrumen validasi ahli media, dan lembar angket respons media pembelajaran siswa yang digunakan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang diperoleh menggunakan tahapan analisis yang akan dilaksanakan dengan analisis validasi materi, analisis validasi media, dan analisis respons siswa. Hasil penelitian untuk mengetahui hasil proses pengembangan media pembelajaran UNO Card Kompetensi Dasar Mengemukakan Peraturan Cuti dan Mengkaji Peraturan Cuti yang telah dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran UNO Card dengan menggunakan analisis data yang menunjukkan hasil validasi ahli materi yang terdiri dari kelayakan isi sebesar 87% , kelayakan penyajian sebesar 87,5% dan kelayakan bahasa sebesar 86%. Sehingga diperoleh rata-rata sebesar 86,5% dengan kategori sangat kuat. Untuk validasi ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 96% dengan kategori sangat kuat dan untuk mengetahui hasil analisis data yang menunjukan ujicoba pada lembar angket respon siswa kepada 20 siswa rata-rata keseluruhan sebesar 98% dengan kategori sangat kuat. Sehingga dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran UNO Card kevalidannya sangat kuat sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan UNO Card, Pengembangan 4-D. Abstract This study aims todetermine the development of manual media through the UNO Card learning media, the feasibility of the UNO Card learning media, and the response of students of class XI Office 2 Administration in Buduran 2 Vocational High School 2 on the UNO Card learning media in Basic Competence to Present Leave Rules. This type of development research uses Research and Development (R&D) adapted from the-4D development model. There are 4 stage, namely: 1) Define (Defining), 2) Design (Design), 3) Development (Development), 4)Disseminate (Spread), but only carried out until the third stage, namely Development. But the fourth stage, the spread is not done because of limitations in one Basic Competency. The subject of class XI Office 2 Administration in SMKN 2 Buduran Sidoarjo, amounting to 20 students. The object in this study is the Development of UNO Card Learning Media in the Administration of Basic Competency Staffing leave law. The research instrument in this study used material expert validations instruments, and student learning media response questionnairesheet that were used to test the feasibility of the media developed. This study uses data analysis techniques obtained using the stages of analysis to be carried out with material validation analysis, media validation analysis, and student response analysis. The result of the study were to find out the result of the development process of learning media UNO Card Basic Competence Expressing Leave Regulations and Reviewing Leave Regulations that had been developed using the 4-D development model, to determine the feasibility of UNO Card learning media using data analysis showing the results of validation of material experts from content eligibility of 87%, the feasibility of presentation is 87,5% and language eligibity is 86% . So that is obtained an average of 86,5% with a very strong category. For media expert validation, the overall average was 96% with a very strong category an to find out the result of data analysis which showed a test on student. Response questionnaire sheets to 20 students overall an average of 98% with a very strong category . So that it can be concluded that UNO Card validity learning media is very strong so that is suitable to be used in the learning process. Keywords: Learning Media, UNO Card Games, 4-D Development.
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 63