Pengembangan E-Modul Berbasis Lectora Inspire Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Pada Siswa Kelas XI APK di SMK PGRI 2 Sidoarjo

  • Indah Fajriati

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi saat ini sudah berpengaruh terhadap segala bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Integrasi teknologi informasi dalam pendidikan berupa penggunaan bahan ajar yang bersifat elektronik contohnya elektronik modul. Penggunaan bahan ajar yang bersifat elektronik seperti e-modul dapat membantu proses pembelajaran agar lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan serta evaluasi siswa terhadap e-modul berbasis lectora insspire. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafik serta lembar evaluasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis validasi e-modul yang diperoleh dari angket validasi materi, validasi bahasa dan validasi grafik serta analisis evaluasi siswa. Proses pengembangan e-modul berbasis lectora inspire mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI APK di SMK PGRI 2 Sidoarjo sebelum dikembangkan guru menggunakan handout yang dikembangkan sendiri yang materinya berasal dari internet, penyajian materi dalam handout masih kurang lengkap sehingga sesudah e-modul dikembangkan e-modul dapat digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran. Kelayakan e-modul berbasis lectora inspire pada aspek isi mendapat persentase sebesar 82,5%, aspek penyajian mendapat persentase sebesar 82,5%, aspek kebahasaan mendapat persentase sebesar 74% dan aspek kegrafikan sebesar 80%. Evaluasi siswa pada kelas XI APK 3 mendapatkan rata-rata persentase sebesar 85,2% dengan kategori sangat baik. Sehingga e-modul berbasis lectora inspire mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan sangat baik untuk digunakan sebagai bahan ajar pada siswa kelas XI APK di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Kata Kunci: E-modul, lectora inspire, Administrasi Humas dan Keprotokolan Abstract Technological developments now affect all areas, including in the field of education. Integration of information technology in education in the form of the use of electronic teaching materials such as electronic modules. The use of materials which are electronic such as e-modules can help the learning process to make it more interesting. This research aims to know the process of development, feasibility and evaluation of students against e-module based lectora inspire. This type of research is a research and development (R&D) using the model ADDIE. The instruments used in the form of expert validation sheet material, linguist and expert on the evaluation sheet and graphics students. Data analysis technique used is e-module validation analysis obtained from the question form validation, validation languages material and graphics validation and analysis of the evaluation of students. The process of developing an e-module based lectora inspire subjects administration public relations and protocol classes XI APK in SMK PGRI 2 Sidoarjo before developed a teacher using handouts that developed its own material originating from the internet, the presentation of the material in the handout still less complete so after e-module developed e-module can be used as learning materials on the learning process. The feasibility of e-module based on the contents of inspire lectora gets a percentage of 82.5%, aspects of the presentation got a percentage amounting to 82.5%, linguistic aspect gets a percentage of 74% and kegrafikan aspects of 80%. Evaluation of students in class XI APK 3 getting an average of 85.2% percentages by category. So that the e-module based on lectora inspire public relations administration and protocol subjects is very good to be used as teaching material in class XI students at SMK PGRI 2 Sidoarjo. Keywords: E-modul, lectora inspire, administration of public relationsand protocol
Section
Articles
Abstract Views: 178
PDF Downloads: 128