PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM KELAS X OTKP DI SMK NEGERI 1 JOMBANG

  • LIZAR AFID PRASETIYA

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini mengambil populasi siswa kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen dinyatakan tuntas 100% secara klasikal, sedangkan pada kelas kontrol dinyatakan tuntas 80% secara klasikal. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah sebesar 54,88, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 56,13. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 87,25, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 81,88. Gain score atau selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 32,38, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 25,88. Berdasar hasil analisis uji t posttest, diperoleh nilai thitung sebesar 3,219 dengan taraf signifikasi sebesar ,002 (0,002). Sedangkan nilai ttabel diketahui sebesar 1,998. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima karena t-test < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,219 > 1,998. Sedangkan hasil analisis selisih nilai pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 3,195 dengan taraf signifikasi ,002 (0,002). Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,998 dengan taraf signifikasi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena t-test < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,195 > 1,998. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang, dimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping lebih tinggi daripada hasil belajar kelas kontrol. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar Abstract The purpose of this research was to look at the influence of model-assisted problem based learning learning mind mapping against learning results of students on public administration subjects X-grade OTKP in SMK Negeri 1 Jombang. This type of research uses quasi experiment with the shape of the nonequivalent control group design. This research takes student population of class X class 2 as the OTKP control and class X 1 OTKP as class experiments. The results of this research show that the ketuntasan student learning in classroom experiments revealed completely 100% in classical, whereas in the control class was declared finished in 80% of classical. The average value of experimental class was a pretest of 54.88, while the control is on the class of 56.13. The average value of experimental class posttest is amounting to 87.25, while the control is on the class of 81.88. Gain score or the difference between the average value of pretest and posttest on experiment class was of 32.38, whereas in the control class is 25.88. The t-test analysis results based on posttest, retrieved the value tcount of the significance level of 3.219,002 (0.002). While the value of ttable is known of 1.998. So it can be inferred H0 is rejected and the Ha received because of the t-test < i.e. 0.05 0.002 < 0.05 and tcount > ttable i.e. 3.219 > 1.998. While the results of the analysis of the difference between the value of the pretest and posttest retrieved the value tcount of the significance level 3.195,002 (0.002). While the value of the ttable of the significance level 0.05 1.998. So it can be inferred that H0 is rejected and the Ha received because of the t-test < i.e. 0.05 0.002 < 0.05 and tcount > ttable i.e. 3.195 > 1.998. With these results it can be concluded that there is an influence of model-assisted problem based learning learning mind mapping against learning results of students on public administration subjects X-grade OTKP in SMK Negeri 1 Jombang, where student learning outcomes the use of model-assisted problem based learning learning mind mapping learning outcomes are higher than the class of the control. Keywords: Problem Based Learning Model, Mind Mapping, Learning Outcomes
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 215