PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART WHEEL PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KLASIFIKASI DAN INDEKS ARSIP SISWA KELAS X OTKP DI SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO

  • SHINTA DEWI LISSA UMAMI

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media smart wheel di SMKN 1 Sooko Mojokerto serta digunakan untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan dan evaluasi siswa terhadap pengembangan media smart wheel sebagai media pembelajaran alternative pada mata pelajaran kearsiapan di SMKN 1 Sooko Mojokerto.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Reaseach and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Raiser dan Mollenda. Pengembangan media smart wheel ini melalui 5 tahap yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implenentation, 5) Evaluation.Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kelayakan media dapat dilihat melalui hasil dari validasi para ahli dan evaluasi siswa. Presentase yang didapatkan dari validator ahli materi yang dilakukan oleh Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran serta Guru Kearsipan SMKN 1 Sooko Mojokerto sebesar 96,53% dengan kategori Sangat Baik yang berarti materi kearsipan pada kompetensi dasar menerapkan klasifikasi dan indeks arsip Layak digunakan dalam media ini. Presentase yang didapatkan dari validator ahli media dilakukan oleh Dosen Teknologi Pendidikan UNESA sebesar 98,66% dengan kategori Sangat Baik yang berarti media smart wheel Layak digunakan. Hasil presentase evvaluasi siswa kelas X OTKP 3 SMKN 1 Sooko Mojokerto sebesar 97,27% dengan kategori Sangat Baik yang berarti media smart wheel Layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Media Smart Wheel, ADDIE, Kearsipan Abstract This study aims to analyze the development of smart wheel media in SMK 1 Sooko Mojokerto and is used to find out how the feasibility of developing and evaluating students on the development of smart wheel media as an alternative learning media in the subjects of emergency at SMK 1 Sooko Mojokerto. This type of research uses Reach and Development (R & D) research using the ADDIE development model developed by Raiser and Mollenda. Development of smart wheel media through 5 stages: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implenentation, 5) Evaluation. Based on the results of this study indicate that the quality of media feasibility can be seen through the results of expert validation and student evaluation. The percentage obtained from the expert material validator conducted by Lecturers of Office Administration and Archives Teacher Education at SMK 1 Sooko Mojokerto amounted to 96.53% with the Excellent category which means that the archival material on the basic competencies applies the Eligible archive classification and index used in this media. The percentage obtained from the media expert validator was carried out by UNESA Education Technology Lecturers at 98.66% with the Excellent category which means that the Smart Wheel media is eligible to be used. The results of the evaluation percentage of students of class X OTKP 3 of SMK 1 Sooko Mojokerto amounted to 97.27% with the category of Very Good, which means that Worthy Smart Wheel media is used as a learning medium. Keywords: Smart Wheel Media, ADDIE, Archives
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 56