PENYAJIAN WAROK DAN PUJANGGANONG KECIL DALAM JARAN KEPANG DI DESA SENTONOREJO KECAMATAN TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO

  • ASTI FITRIANINGRUM

Abstract

ABSTRAK


Warok, Pujangganong Kecil dalam Jaran Kepang merupakan kesenian yang berbeda dengan Ponorogo dilihat dari sisi gerak, tata rias, busana dan iringan. Keunikan Warok, Pujangganong Kecil, terdapat pada perbedaan gerak yang ada di Ponorogo. Peranan Warok sebagai orang yang dituakan dalam mengawali per-tunjukan. Warok dan Pujangganong Kecil menjadi kesatuan dalam suatu pertunjukan terkait dengan Jaran Kepang, bukan Jathilan. Warok, Pujangganong Kecil tidak hanya menonjolkan keunikan, yang menarik yaitu adanya gerak akrobatik. Warok, Pujangganong Kecil sangat menarik diteliti karena kesenian tersebut memikat, dapat membawa suasana menakjubkan dalam penyajian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana latar belakang Warok dan Pujangganong Kecil dalam penyajian Jaran Kepang di Desa Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto? 2. Bagaimana penyajian Warok dan Pujangganong Kecil dalam Jaran Kepang di Desa Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto?
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi serta triangulasi sumber, teknik maupun waktu.
Ragam gerak Warok dan Pujangganong Kecil dalam Jaran Kepang terdapat bentuk yang perlu dianalisis antara lain: kesatuan, variasi, repetisi atau ulangan, transisi atau perpindahan, rangkaian, perbandingan dan klimaks. Warok, Pujangganong Kecil dalam Jaran Kepang merupakan kesenian yang berbeda dengan daerah Ponorogo. Dilihat dari sisi gerak, busana dan iringan memiliki perbedaan yang siknifikan. Busana Warok memiliki perbedaan terdapat pada slempang dan aksesoris pergelangan tangan. Karakteristik musik yang digunakan dalam Warok, Pujangganong Kecil menggunakan instrumen dari Jaranan (Jawa Timur), namun iringan Reog Ponorogo seperti gendhing Giro 1. Memberikan tambahan pengetahuan tentang kesenian khususnya di Mojokerto. Kesenian tersebut dapat menumbuhkan rasa Tanggung Jawab dan kepedulian terhadap Warok, Pujangganong Kecil dalam Jaran Kepang.
Kata Kunci: Warok, Pujangganong Kecil, Jaran Kepang

Published
2016-08-13
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 1329