TARI GLIPANG RODHAT DI DESA JARIT KECAMATAN CANDIPUROKABUPATEN LUMAJANG

  • MEI HARIYATI

Abstract

ABSTRAK


Glipang selain berada di Lumajang, juga di Pasuruan dan Probolinggo. Glipang di ketiga daerah tersebut dipengaruhi oleh kesamaan etnis (pandalungan), masyarakat dan budaya. Glipang memiliki karakter berbeda sesuai dengan lingkungan dimana kesenian tersebut hidup dan berkembang. Glipang di Probolinggo dan Pasuruan sampai sekarang masih tetap hidup. Glipang di Pasuruan masih bisa dijumpai saat hari jadi Kota Pasuruan. Probolinggo sudah menjadi icon Kabupaten. Berbeda dengan Glipang di Kabupaten Lumajang sudah diambang kepunahan. Maka diperlukan pendokumentasian dan catatan tertulis mengenai kesenian Glipang agar kesenian ini masih bisa untuk dipelajari. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalahnya sebagai berikut: 1. Bagaimana asal-usul Tari Glipang Rodhat? 2. Bagaimana Bentuk Penyajian Tari Glipang Rodhat? Bagaimana upaya pelestarian Tari Glipang Rodhat?.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, sajian data dan verifikasi data kesimpulan.
Glipang Rodhat di Desa Jarit diciptakan Bapak Sardi sekitar tahun 1990 an. Iringan yang digunakan yaitu jidor, ketipung, terbang dan kecrek. Tata rias menggunakan rias cantik dan busana yang digunakan yaitu hem, celana hitam, jarik jawa liris, pangkat, slempang, topi polisi dan sepatu. Tari Glipang di Kabupaten Lumajang hampir punah. Maka perlu upaya dalam melestarikan agar tetap hidup dan dinikmati oleh generasi muda di masa yang akan datang.


Tari Glipang Rodhat berasal dari Glipang yang di bawa oleh Bapak Kandar dari Pasuruan. Kemudian digabungkan dengan tari Rodhat Seni Rebana oleh Kyai Buyah dari Desa Jarit. Penggabungan ini memiliki peranan yang sama dalam pembentukan Glipang baru. Gerak dan iringan pada tari Glipang di Lumajang, Pasuruan dan Probolinggo memiliki beberapa kesamaan. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor budaya masyarakat yang sama antara tiga daerah.


Kata Kunci: Glipang Rodhat. Bentuk

Published
2016-10-10
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 433