MUSIK ETNIS KENTRUNG SUNAN DRAJAT DI DESA SOLOKURO KECAMATAN SOLOKURO KABUPATEN LAMONGAN

  • NIZAR MAZUMI
  • BAMBANG SOEYONO

Abstract

Abstrak

Musik kentrung merupakan kesenian tradisional yang memiliki keunikan memainkan 2 alat musik rebana yang terbuat dari kulit sapi dan kayu, alat tersebut merupakan instrument tradisional yang dimainkan untuk berdakwah yang disebut kentrung dalam artian ngreken isaning jlutrung. Musik kentrung berfungsi sebagai media dakwah pada masyarakat desa Solokuro, seiring berjalannya waktu kesenian kentrung Sunan Drajat juga sebagai pengisi acara disebuah acara seperti dipernikahan, Maulid Nabi, Isra Miraj, Nuzulul Qur’an, dan acara undangan oleh pemerintah daerah. Bagi pelaku kesenian memiliki fungsi sebagai media komunikasi, integritas masyarakat, unsur kepercayaan, unsur ekonomi, dan hiburan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana unsur estetika musik kentrung Sunan Drajat di desa Solokuro kecamatan Solokuro kabupaten lamongan? (2) Bagaimana pola ritme dan organologi musik kentrung Sunan drajat di desa Solokuro kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan? Penelitian ini mengenai ilmu tinjauan Etnomusikologis yang bertujuan untuk mengetahui bentuk penyajian dan bentuk musik kesenian kentrung Sunan Drajat di desa Solokuro kecamatan Solokuro kabupaten Lamongan.

Dalam penelitian ini terdapat beberapa teori yang digunakan untuk menjawab permasalahan meliputi 1) Etnomusikologi, 2) Estetika, 3) Organologi alat music.

Musik etnis Kentrung Sunan Drajat menggunakan ilmu etnomusikologis secara garis besar berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada, meliputi 1) Kualitas, 2) Kuantitas, 3) Keagamaan. Unsur Estetika Kentrung adalahberisikan tentang pengajaran-pengajaran untuk mengingatkan kepada penikmat musik kentrung Sunan drajat, dengan tujuan lebih mendalami ilmu Islamiyah yang bahwasannya semua makhluk hidup yang ada didunia memiliki tanggung jawab terhadap agama yang telah dianutnya Pola Ritmis dan organologi musik Kentrung adalah dalam permainan pola ritmis dan syiar agama Islam yang didalamnya terkandung beberapa bentuk musik.

Kata Kunci: Musik Etnis Kentrung.

Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 203