LAGU KIDDUNG DALEM DALAM UPACARA ADAT NYONGKOLAN SUKU SASAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH (BENTUK PENYAJIAN DAN BENTUK LAGU)

  • LALU MUHAMMAD GITAN PRAHANA
  • JOKO WINARKO

Abstract

ABSTRAK

Lagu Kiddung Dalem merupakan satu lagu tradisi dalam musik tradisional Gendang Beleq, yang disajikan secara instrumental di rumah pengantin perempun, dalam prosesi upacara adat Nyongkolan suku Sasak pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Lagu Kiddung Dalem digunakan sebagai bentuk ekspresi dari rasa syukur, kegembiraan, kekeluargaan dan juga untuk menyampaikan petuah–petuah adat dalam suku Sasak. Bahkan digunakan sebagai sarana melegitimasi kelangsungan kehidupan tradisi adat melalui prosesi adat pernikahan. Sehingga akan sangat menarik dilakukan penelitian dengan rumusan masalah (1) Bagaimanakah bentuk penyajian lagu Kiddung Dalem dalam prosesi upacara adat Nyongkolan di suku Sasak, dan (2) Bagaimanakah bentuk lagu Kiddung Dalem dalam upacara adat Nyongkolan suku Sasak.

Kajian pustaka yang digunakan didalam penelitian, mengacu sumber buku–buku yang berkaitan mengenai bentuk penyajian seni pertunjukan dan bentuk sertaa struktur didalam lagu. Penelitian yang digunakan, menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di kelurahan Gerunung, kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Hasil penelitian berupa sajian data bersifat diskriptif tentang bentuk penyajian dan bentuk lagu Kiddung Dalem yang disajikan saat upacara adat Nyongkolan berlangsung. Dalam penelitian tentang bentuk penyajian, peneliti menemukan data meliputi, (1) Instrumentasi, yaitu ragam jenis alat musik beserta pola–pola sajain yang dimainkan oleh 17 pemusik atu Sekhe. (2) Setting pertunjukan, dilakukan di halaman rumah pengantin perempuan ketika prosesi adat Nyongkolan berlangsung. Sehingga panggung pertunjukan, berbentuk panggung terbuka dan, (3) Tata busana yang digunakan adalah baju Godeq Nongkeq yang merupakan pakaian adat laki–laki suku Sasak.


Penelitian tentang bentuk lagu Kiddung Dalem meliputi penemuan data tentang pembagian dua bagian lagu yang terdiri dari 58 birama dan terbagi dalam 8 frase tanya dan 8 jawab serta memiliki 32 motif. Pada bagian pertama disebut dengan Kabor yang terdiri dari 4 bagian dan bagian kedua yaitu Pelayon sebagai bagian lagu utama.

Kata Kunci: Kiddung Dalem, Bentuk Penyajian, Bentuk Lagu.

Published
2020-02-19
Section
Articles
Abstract Views: 154
PDF Downloads: 352