BENTUK MUSIK DAN FUNGSI KESENIAN TERBANG BANCAHAN DI DESA SUKOREJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN

  • MOHDI YULIANTO P

Abstract

 

 

ABSTRAK

 

Terbang Bancahan di Desa Sukorejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban.merupakan kesenian tradisional yang hidup dan berkembang di lingkungan masyarakat mayoritas beragama Islam. Terbang Bancahan disajikan dengan menggunakan instrumenterbang yang berjumlah enam buah, sebuah kendhang, dan sebuah jidor.Instrumen terbang menjadi salah satu cirikhas kesenian Islam.Kesenian ini mempunyai pola permainan yang variatif antara instrumen yang satu dengan instrumen lainnya. Pola-pola yang terdapat dalam kesenian ini berbeda dengan kesenian terbang yang berada di daerah lain di Indonesia. Selain pada bagian pola permainan instrumen, terdapat hal menarik lain yang terletak pada lagu atau melodi yang digunakan untuk melantunkan syair-syair kesenian ini.Oleh karena itu, kesenian ini perlu dikaji bentuk musiknya.Bentuk musik pada kesenian Terbang Bancahan tidak lepas dari kegunaan atau fungsi dalam masyarakat pendukungnya.

Rumusan masalahnya adalah, 1) Bagaimana bentuk musik kesenian Terbang Bancahan di Desa Sukorejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban, 2) Apa fungsi kesenian Terbang Bancahan di Desa Sukorejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Penelitian ini mendeskripsikan notasi pola permainan instrumen dan notasi syair kesenian Terbang Bancahan dengan jenis peneneltian kualitatif.

Hasil analisis dari penelitian ini yaitu, Terbang Bancahan memiliki dua pola permainan instrumen.Pola permainan instrumen tersebut adalah Kodokan pola dan pola Turun.Kesenian ini berfungsi sebagai,1) Sarana Ritual, 2) Hiburan Pribadi, 3) Presentasi Estetis, 4) Sebagai Pengikat Solidaritas Individu Dalam Kelompok, 5) Sebagai media komunikasi massa.

 

Kata kunci: Terbang Bancahan, Bentuk Musik, Fungsi

Published
2013-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 773