Jaranan Dongkrek Sebagai Pertunjukan Kekinian di Kabupaten Madiun

  • Aura Yoga Aulia 089601474938
  • Warih Handayaringrum Jurusan Sendratasik, FBS, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pertunjukan Dongkrek berkembang dan menyesuaikan diri dengan pertunjukan kekinian. Terdapat perbedaan bentuk penyajian kekinian menjadi kolaborasi antara Jaranan dan Dongkrek yang menjadikan pertunjukan ini berbeda dengan bertunjukan sebelumnya . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kekinian Jaranan Dongkrek, dan tanggapan masyarakat terhadap bentuk penyajian kekinan Jaranan Dongkrek Manfaat penellitian ini agar menjadi referensi seniman dalam membuat karya. Penelitian ini menggunakan teori bentuk oleh Hermin,  teori perkembangan oleh Edy Sedyawati. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.  Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan kuisioner. Seiring berjalannya waktu pertunjukan peneliti berharap kedepannya penelitian ini dapat diteruskan peneliti lainnya dengan objek yang sama dengan teori yang sama.

Berdasarkan hasil penelitian bentuk kekinian pertunjukan Jaranan Dongkrek sebagai berikut: (1) Gerakan kekinian Jaranan Dongkrek atraktif dan terpola sehingga menambah estetika gerakan dan mengikuti minat masyarakat masa kini, (2) Terdapat penambahan tokoh Jaran, Caplok, Gambuh, Celeng, Pelawak yang membuat pertunjukan lebih menarik masyarakat masa kini  (3) Terdapat perubahan iringan menjadi lebih kekinian dengan penambahan instrumen modern dengan gendhing Campursari vocal Sesaji Singo Budoyo, Tembang Kangen, Caping Gunung, Medhiun Maju Bangun (4) Tata rias Jaranan Dongkrek belum menunjukan unsur kekunian karena masih menggunakan tata rias pakem (5) Tata busana yang digunakan masih sama menggunakan busana terdahulu hanya saja terdapat pengembangan busana yang digunakan genderuwo tidak menggunakan busana bulu melainkan busana prajurit. Tanggapan masyarakat terhadap bentuk pertunjukan Jaranan Dongkrek yaitu masyarakat tertarik dengan bentuk kekinan pertunjukan Jaranan Dongkrek karena adanya pembaharuan wajah dari pertunjukan tersebut sehingga pertunjukan Jaranan Dongkrek lebih atraktif, dan menarik perhatian masyarakat dibandingkan bentuk pertunjukan Dongkrek sebelumnya. Dari hasil pemaparan diskusi penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan bentuk Jaranan Dokrek ditandai adanya perubahan gerak kekinian,  tambahan penari, perubahan iringan kekinian, dan Tata Busana kekinian sehingga masyarakat lebih tertarik karena sesuai dengan masa kini.

Kata kunci: Dongkrek, Bentuk, Perkembangan, Pertunjukan Kekinian

Author Biography

Aura Yoga Aulia, 089601474938

Halo saya Aura Yoga Aulia, mahasiswa angkatan 2018 dari departemen Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya. 

Published
2022-04-28
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 293