PROSES KREATIF ITA YUNIKAWATI DALAM MENCIPTAKAN TARI SUDRUNE KARYA DI SANGGAR TARI MURWITA GROUP KABUPATEN MOJOKERTO

  • Halimatussa' Diyah Ayuningtyas Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sanggar Tari Murwita Group di Kabupaten Mojokerto yang berdiri selama 32 tahun,
merupakan sanggar yang mempunyai peranan melestarikan seni tari di daerah Mojokerto. Salah satu
upaya dalam melestarikan kesenian tari tradisional, Sanggar Tari Murwita Group menciptakan berbagai
karya tari yang berkembang di masyarakat Mojokerto. Salah satunya adalah Tari Sudrune Karya,
menceritakan karya tari humor tentang tokoh ludruk di Mojokerto, sebuah karya tari yang diciptakan
oleh seniman saggar Tari Murwita yang sekaligus seorang guru asal Mojokerto, Ita Yunikawati. Tujuan
penelitian ini adalah mengungkap konsep berkarya dan tahapan proses kreatif (Improvisasi, eksplorasi,
evaluasi, komposisi). Manfaat penelitian ini adalah secara teoritis guna menambahkan sumber referensi
berupa cara membuat tari kreasi dan memperkaya sumber data pada tari kreasi khas daerah di Nusantara.
Sedangkan secara praktis akan menjadikan sebuah tari Sudrune Karya ini lebih dikenal dan menemukan
konsep serta proses kreatif Ita Yunikawati dalam berkarya tari.Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan sumber data primer adalah Ita Yunikawati sebagai
penata tari dan pemilik sanggar, juga menggunakan data sekunder dari beberapa penelitian artikel jurnal
ilmiah yang relevan sebagai penguat teori dan kajian dalam penelitian ini serta beberapa narasumber
pendukung. Guna menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini
adalah penyusunan konsep dan proses kreatif yang dilakukan Ita Yunikawati dalam menciptakan karya
tari Sudrune Karya yang memvisualisasikan tokoh ludruk Supali melalui eksplorasi, improvisasi, dan
evaluasi dengan memperhatikan segala caranya melawak dan bergerak serta dapat memunculkan
kembali tokoh ludruk Supali yang dikemas dalam tarian humor.

Published
2022-06-07
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 86