Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Pertunjukan Sendratari Kresnayana Episode Cerita "Gita Sri Narayan" di Kabupaten Blitar

  • Eva Tri Santoso Prodi pendidikan sendratasik indonesia Unesa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pertunjukan Sendratari Kresnayana di Kabupaten Blitar dalam episode cerita “Gita Sri Narayan”, dan mengungkap nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnyta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada pertunjukan Sendratari Kresnayana episode cerita “Gita Sri Narayan” di Kabupaten Blitar. Sedangkan studi pustaka dilakukan dengan mempelajari pustaka-pustaka terkait objek material penelitian juga terkait dengan teorí yang digunakan sebagai landasan penelitian. dengan data yang dibutuhkan dalam penelitian.

Hasil dari penelitian Bentuk pertunjukan Sendratari Kresnayana Episode cerita “Gita Sri Narayan” di Kabupaten Blitar merupakan pertunjukan sendratari yang berlatarbelakang epos Kresnayana di mana spirit tokoh Sri Kresna menjadi duta kedamaian dalam perang Bharatayuda. Bentuk pertunjukan yang dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19 dapat diakses melalui kanan Yuotube, tampak memukai dan monumental. Meskipun sangat minim penonton, tetapi para pendukung pertunjukan tetap dapat menampilkan bentuk pertunjukan yang apik dan penuh makna.

Hasil analisis atau tafsir makna terkait nilai-nilai pendidikan karakter yang terakandung dalam pertunjukan Sendratari Kresnayana episode “Gita Sri Narayan’ di Kabupaten Blitar antara lain : (1) Nilai Demokratis, (2) Nilai Menghargai Prestasi, (3) Nilai Semangat Kebangsaan, (4) Nilai Tanggung Jawab, (5) Nilai Cinta Tanah Air, (6) Nilai Religius, (7) Nilai Kejujuran, (8) Nilai Keadilan, (9) Nilai Disiplin, (10)Nilai Kerja Keras, dan (11) Nilai Kreatif.

Kata Kunci : Bentuk pertunjukan, nilai-nilai Pendidikan Karakter, Sendratari “Gita Sri Narayan, Kabupaten Blitar.

Published
2023-11-08
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 44