Bentuk Pertunjukan Gandrung Sewu pada tahun 2022 di pantai Boom Marina Kabupaten Banyuwangi

  • Chantika Fariddyas Flaurenza universitas negeri surabaya

Abstract

Gandrung merupakan kesenian asli Kabupaten Banyuwangi yang sangat di gemari oleh masyarakat. Gandrung Sewu menjadi event tahunan yang dilakukan oleh kalangan masyarakat Banyuwangi. Peneliti fokus pada bentuk pertunjukan kesenian tersebut ialah sebuah proses kesenian yang diadakan pada tahun 2022, bentuk pertunjukan tersebut memiliki elemen-elemen yang saling berkaitan seperti gerak, iringan musik, rias dan busana, desain lantai, properti, tempat pertunjukan.

Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pertunjukan gandrung sewu pada tahun 2022 di pantai boom mariana kabupaten Banyuwangi. Metode dalam penelitian ini Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif secara kualitatif, biasa digunakan untuk objek alamiah berdasarkan filsafat postpositivisme dimana instrumen peneliti itu sendiri dengan teknik triangulasi, analisis data induktif dan juga hasil penekanan pada arti.

Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Gandrung Sewu merupakan bentuk pertunjukan yang terdiri dari gerak, musik, desain lantai, tema, kostum dan tata rias, tata cahaya, properti, staging pemanggungan, dan penonton. Pelaku tari gandrung seluruhnya adalah wanita yang ditarikan secara berkelompok. Tema gandrung sewu pada tahun 2022 adalah bentuk alur yang menceritakan tentang kerajaan yang ada di Banyuwangi mengenai pagebluk dimana cerita tersebut keadaannya sama dengan kondisi Kabupaten Banyuwangi  pada tahun 2022 dikarenakan wabah covid.

 

Kata Kunci : Bentuk pertunjukan, gandrung sewu

 

Published
2024-01-12
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 13