Kepribadian Tokoh Jiwa dalam Novel Lelaki Terakhir yang Menangis di Bumi Karya M Aan Mansyur (Kajian Psikologi Behaviorisme B.F. Skinner)

  • DEWI ALIFASARI

Abstract

Kepedulian terhadap kepribadian seseorang dapat ditunjukkan oleh pengarang melalui tokoh dalam karya sastra yang mereka ciptakan. Dalam hal ini, terdapat keterkaitan antara bidang psikologi dengan karya sastra, karena keduanya sama-sama berurusan dengan persoalan kehidupan manusia sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial. Psikologi dan sastra memanfaatkan landasan yang sama, yaitu menjadikan pengalaman manusia sebagai bahan kajian. Penelitian ini menggunakan Novel Lelaki Terakhir yang Menangis di Bumi karya M Aan Mansyur karena di dalamnya mengangkat tema tentang kepribadian seseorang yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana: (1) stimulus, (2) respon, dan (3) efek tokoh Jiwa dalam novel Lelaki Terakhir yang Menangis di Bumi karya M Aan Mansyur? Adapun Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Teknik pegumpulan data dilakukan melalui teknik studi pustaka, yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data yang berupa penggalan kalimat dan paragraf yang sesuai dengan kajian psikologi behaviorisme B.F Skinner dalam novel Lelaki Terakhir yang Menangis di Bumi karya M Aan Mansyur dan mengklasifikasikan data tersebut ke dalam aspek stimulus, respon, dan efek. Hasil dalam penelitian ini diperoleh bahwa (1) tokoh Jiwa yang merupakan tokoh utama dalam novel tersebut mengalami suatu proses belajar yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan, baik lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat, (2) Berbagai stimulus yang diterima Jiwa menjadikan ia mengalami sebuah perubahan perilaku yang dapat diamati secara nyata dalam sudut pandang behaviorisme B.F. Skinner. Akibat dari stimulus yang diberikan oleh berbagai lingkungan tersebut menghasilkan sebuah respon pada perilaku Jiwa. Respon yang ditunjukkan berupa respon positif dan respon negatif, dan (3) Efek yang diperoleh Jiwa  berupa efek penguatan dan efek pemadaman.

 Kata Kunci: Psikologi behaviorisme B.F. Skinner, Novel Lelaki Terakhir yang Menangis di Bumi karya M Aan Mansyur, dan Kepribadian tokoh

Published
2017-05-08
Abstract Views: 220
PDF Downloads: 181