PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER GASAL BERBASIS PENDEKATAN PSYCHOWRITING SMAN 13 SURABAYA

  • ANNISA ILMA

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah selama pembelajaran. LKS juga digunakan sebagai penunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, tujuan pembelajaran yang dicapai adalah menyusun (menulis maupun menulis ulang) sebuah teks. Pendekatan yang digunakan dalam mengembangkan LKS Bahasa Indonesia dalam penelitian ini adalah psychowriting (psikologi menulis). Psychowriting merupakan suatu pendekatan yang mengaitkan kemampuan menulis dengan psikologi siswa melalui perlakuan khusus yang berbeda pada tiap kepribadian. Tujuan penelitian ini adalah memeroleh deskripsi tentang (1) proses pengembangan LKS Bahasa Indonesia Kelas X Semester Gasal Berbasis Psychowriting dan (2) kualitas LKS Bahasa Indonesia Kelas X Semester Gasal Berbasis Psychowriting berdasarkan aspek kevalidan, aspek keefektifan dan aspek kepraktisan. Metode penelitian ini adalah model pengembangan 4D Thiagarajan. Tahapan yang  telah dilakukan dalam penelitian ini meliputi pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, teknik angket dan teknik tes. Teknik observasi dan teknik angket untuk memeroleh data kevalidan dan kepraktisan LKS, dan teknik tes untuk memeroleh keefektifan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS Bahasa Indonesia Kelas X Semester Gasal Berbasis Psychowriting memeroleh aspek kevalidan dari kelayakan isi 87,5%; kelayakan bahasa 90%; kelayakan penyajian 92,8%; dan kelayakan kegrafikaan 85,5%; aspek kepraktisan memeroleh hasil 92,5%; sedangkan untuk aspek keefekifan diperoleh rerata hasil belajar siswa 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS Bahasa Indonesia Kelas X Semester Gasal Berbasis Psychowriting sangat berkualitas.

Kata Kunci: LKS, psychowriting, Kurikulum 2013, Pengembangan 4D

Published
2017-05-08
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 43