PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PAPERCRAFT UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERPENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIDOARJO

  • RENY MARYATI

Abstract

Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran wajib dalam Kurikulum 2013 yang mengedepankan materi berbasis teks. Satu di antara teks yang terdapat pada pelajaran Bahasa Indonesia adalah teks deskripsi. Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan menulis, dan keterampilan berbicara. Adanya media pembelajaran proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses pengembangan media diorama papercraft dan kualitas media diorama papercraft yang terdiri atas kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan untuk pembelajaran menulis teks deskripsi. Hasil penelitian pengembangan media ini meliputi kualitas media diorama papercraft yang terdiri atas tiga aspek yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Pertama kevalidan media diorama papercraft dilihat dari penilaian validator ahli yang menunjukkan bahwa pengembangan media diorama papercraft valid. Rata-rata secara keseluruhan hasil validasi memeroleh persentase 90% dengan kriteria “sangat baik”. Aspek kedua, keefektifan media diorama papercraft yang diperoleh dari hasil belajar peserta didik dan hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik. Hasil tes peserta didik dalam menulis teks deskripsi menggunakan media diorama papercraft menunjukkan nilai rata-rata 85. Hasil pengamatan aktivitas guru dan peserta didik menunjukkan persentase 82%. Keefektifan media diorama papercraft menunjukkan kriteria “sangat baik”. Aspek ketiga yaitu kepraktisan media diorama papercraft yang diperoleh dari angket respon peserta didik. Hasil respon peserta didik menunjukkan rata-rata 2,8 sehingga media diorama papercraft tergolong media yang “memenuhi” kriteria kepraktisan media pembelajaran.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, kevalidan, keefektifan, kepraktisan

Published
2017-05-08
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 124