PENGEMBANGAN MEDIA TUNNEL BOOK UNTUK PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS FABEL SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 26 SURABAYA

  • SELLA LIFTIKA SEPTIANA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  dari pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar  yang diterapkan di sekolah terutama untuk siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan dan kualitas media tunnel book untuk pembelajaran mengidentifikasi teks fabel siswa kelas VII semester genap di SMP Negeri 26 Surabaya yang dilihat dari tiga aspek, meliputi kevalidan, keterlaksanaan, dan keefektifan. Penelitian ini  menggunakan model penelitian Sadiman yang diadaptasi dengan validasi Sugiyono untuk mengukur kelayakan media. Model pengembangan Sadiman, yakni 1) Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, 2) Merumuskan tujuan instruksional, 3) Merumuskan butir-butir materi, 4) Mengembangkan alat pengukur keberhasilan, 5) Pembuatan media, dan 6) Mengadakan tes dan revisi.  Penelitian ini menghasilkan sebuah produk yakni  media pembelajaran tunnel book. Hasil dari penelitian ini meliputi 1) Proses pengembangan media menggunakan model pengembangan Sadiman kemudian diadaptasi dengan validasi Sugiyono. 2) Kualitas media tunnel book  dilihat dari tiga aspek, yakni kevalidan, keterlaksanaan, dan keefektifan. Media tunnel book dinilai berkualitas oleh  ahli validator baik dari aspek materi,  media, bahasa dan sastra.  Hasil validasi menunjukkan kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 80,29%.  Keterlaksanaan hasil pengembangan media tunnel book berdasarkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa,  dan aktivitas guru dikategorikan dengan kriteria “Sangat Baik”.  Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 81,44, aktivitas siswa menunjukkan persentase 86,6 %, dan aktivitas guru menunjukkan persentase 81,81 %. Hasil tersebut juga sebanding dengan keefektifan pengembangan media tunnel book berdasarkan angket respon siswa dikategorikan “Memenuhi”dengan persentase 3,31.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Tunnel Book, Teks Fabel.

Published
2017-05-08
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 462