PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BAHASA INDONESIA KELAS X-7 BERDASARKAN PENDEKATAN PSYCHOWRITING KURIKULUM 2013 IMPLEMENTASI 2016 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 13 SURABAYA

  • Rini Wahyuni

Abstract

LKS pendekatan  psychowriting   yang dikembangkan untuk siswa SMA N 13 Surabaya kelas X-7 ini terdapat empat tipe kepribadian menulis siswa. Setiap tipe kepribadian mempunyai perintah atau instruksi yang berbeda sehingga dapat membantu siswa yang kesulitan dalam menulis. Pengembangan LKS bahasa Indonesia pendekatan  psychowriting menggunakan model pembelajaran 4D yang dikembangkan Thiagrajan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Model pengembangan 4-D ini kemudian diadaptasikan ke dalam bahasa indonesia menjadi 4-P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Akan tetapi, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan dikarenakan aspek waktu dan biaya yang terbatas. Proses pengembangan LKS draf 1 di validasi oleh validasi ahli dan validasi praktisi, hasil revisi draf 1 akan menghasilkan draf 2 yang akan diujicobakan secara terbatas kepada delapan siswa kelas X-7. Selanjutnya, dilakukan analisis uji coba terbatas untuk merevisi draf 2. Hasil revisi draf 2 akan menjadi draf 3. LKS draf 3 diujicobakan secara luas kepada tiga puluh tuju siswa kelas X-7. Hasil ujicoba luas berupa respon siswa digunakan untuk merevisi draf 3 menjadi draf 4 atau draf final. Kualitas LKS yang dikembangkan berdasarkan kelayakan validitas dari segi isi dinyatakan “sangat layak” sesuai dengan penilaian validator ahli dan validasi praktisi dengan hasil 83,55%. Sedangkan berdasarkan kelayakan validitas ke grafikan di nyatakan “layak” dengan hasil 66,66%. Keefektifan LKS yang dikembangkan berdasarkan aktivitas siswa dinyatakan “sangat efektif” dengan hasil 95,55%, untuk respon siswa dinyatakan “sangat efektif” dengan hasil 85,25%, dan untuk hasil belajar siswa dinyatakan “sangat baik” dengan hasil 83,89%. Kata Kunci : Pengembangan, LKS, Pendekatan Psychowriting. 

Published
2017-05-08
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 22