KEEFEKTIFAN TEKNIK MENCATAT BACAAN DALAM MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAMBON NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

  • ROSA FITRI RIANSARI

Abstract

Abstrak

Kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk belum memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal dan kompetensi yang sesuai yang telah ditetapkan oleh sekolah. Nilai siswa dalam memahami teks eksposisi jauh dari keberhasilan berdasarkan KKM yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran memahami teks eksposisi dengan menggunakan teknik mencatat bacaan, mendeskripsikan keefektikan teknik mencatat bacaan dalam memahami teks eksposisi, dan mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran memahami teks eksposisi dengan menggunakan teknik mencatat bacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian eksperimen kuasi dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Tes awal dilakukan sebelum pemberian materi dan perlakuan, sedangkan tes akhir dilakukan setelah pemberian materi dan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk sebelum menggunakan teknik mencatat bacaan masih sangat rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pretes siswa di kelas kontrol maupun kelas eksperimen yang mayoritas siswanya mendapatkan nilai di bawah kriteria kelulusan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yakni sebesar ≥75. Rerata nilai pretes siswa di kelas kontrol yakni 59 dan siswa yang nilainya telah memenuhi KKM hanya 2 siswa. Rerata nilai retes di kelas eksperimen yakni 59,5 dan dari 25 siswa yang nilainya memenuhi KKM hanya 4 siswa. Hasil postes menunjukkan kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk sesudah menggunakan teknik mencatat bacaan tergolong tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil postes kelas eksperimen sebesar 80% siswa mendapatkan nilai memenuhi KKM. Rerata nilai postes siswa kelas kontrol yakni 79,8 dan 18 siswa telah memenuhi nilai sesuai KKM. Rerata nilai siswa kelas eksperimen sebesar 80,12 dan 20 siswa nilainya telah memenuhi KKM. Teknik mencatat bacaan berpengaruh positif dalam memahami teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Prambon. Hal tersebut terbukti dari selisih rerata nilai, pretes, dan postes yang menunjukkan secara signifikan pada kelas eksperimen. Dilihat dari nilai rerata postes kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan sebesar 0,32. Hasil nilai rerata postes kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan hasil nilai rerata postes kelas kontrol. Hasil nilai rerata postes kelas eksperimen sebesar 80,12, sedangkan nilai postes kelas kontrol yakni 79,8. Dari perbandingan hasil nilai postes kedua kelas tersebut dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran memahami teks eksposisi dengan menggunakan teknik mencatat bacaan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks eksposisi. Selain itu, hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel, yakni t0 = 0,955 > 0,851 > 0,529, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada pembelajaran memahami teks eksposisi antara kelas kontrol tanpa menggunakan teknik mencatat bacaan dengan kelas eksperimen yang menggunakan teknik mencatat bacaan.

 Kata Kunci: teknik mencatat bacaan, membaca pemahaman, dan keefektifan.

Published
2018-01-04
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 43